Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimisme Dampak Positif Gelaran P20, Puan Sebut Sektor Pariwisata Akan Meningkat

Optimisme Dampak Positif Gelaran P20, Puan Sebut Sektor Pariwisata Akan Meningkat Kredit Foto: DPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menegaskan bahwa pihaknya siap menggelar perhelatan The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) pada 5-7 Oktober 2022 mendatang. Dia meyakini bahwa forum internasional bergengsi tersebut berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia.

"DPR RI optimistis penyelenggaraan P20 akan berdampak positif pada kunjungan wisata di sejumlah destinasi pariwisata di Indonesia," kata Puan dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Jelang P20 Indonesia, DPR RI Dorong Penggunaan Green Energy

Puan mengatakan, kehadiran pimpinan parlemen dan para kepala negara G20 beserta delegasi-delegasi mereka serta tamu undangan dunia lainnya akan meningkatkan penerimaan negara di sektor pariwisata. Apalagi, kata Puan, dunia internasional sudah mengenal Indonesia sebagai negara yang memiliki keindahan alam.

"Saya yakin delegasi dan tamu-tamu P20 maupun KTT G20 tidak ingin kehilangan momen mendatangi berbagai destinasi wisata kita ketika datang ke Indonesia," jelasnya.

Selain menjadi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Puan mengatakan bahwa Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral P20 tersebut. Gelaran G20, termasuk penyelenggaraan P20, kata Puan, secara keseluruhan diprediksi berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara hingga 1,8 juta–3,6 juta orang.

"Penyelenggaraan P20 dan KTT G20 tentu berdampak langsung kepada rakyat Indonesia dengan adanya kunjungan dari utusan negara-negara sahabat yang datang ke Indonesia," ungkapnya.

Puan menyebut, perhelatan P20 dan G20 mampu menopang 600 ribu–700 ribu lapangan kerja baru, termasuk di sektor kuliner, fashion, dan kriya. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa rangkaian kedua event tersebut melibatkan UMKM yang menyerap sekitar 33.000 pekerja.

Oleh karenanya, kata Puan, DPR meminta dukungan rakyat untuk keberhasilan gelaran P20 dan KTT G20. Mengingat, lanjut Puan, rangkaian P20 dan G20 sudah mulai dilakukan sejak beberapa waktu lalu dengan lokasi di sejumlah daerah.

"Momen pelaksanaan P20 dan KTT G20 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19. Masyarakat dapat ikut menyemarakkan kedua event ini melalui berbagai cara yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat," katanya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: