Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Menang Polling Terus di Twitter, Ferdinand Samakan Nasibnya dengan Gatot: 'Hasilnya Kan Tidak!'

Anies Menang Polling Terus di Twitter, Ferdinand Samakan Nasibnya dengan Gatot: 'Hasilnya Kan Tidak!' Kredit Foto: Detik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pegiat media sosial Ferdinand Hutahean menanggapi banyaknya polling yang beredar di Twitter. Yang paling menarik perhatian, rata-rata dari hasil polling tersebut yang keluar sebagai pemenang adalah Anies Baswedan.

Terkait polling-polling yang ada di media sosial itu, menurut Ferdinand harus melihat bagaimana media sosial bekerja, terutama di twitter. Itu kan banyak akun both yang bekerja. Akun robot yang bisa diarahkan sedemikian rupa.

"Jadi menurut saya, hasil poling apa pun yang ada di dalam media sosial itu tidak menggambarkan gambaran real kenyataan, gambaran nyata dari dukungan masyarakat terhadap calon-calon tertentu," katanya dikutip dari fajar.co.id (30/9/2022).

Namun demikian, kata Ferdinand, publik bisa melihat bahwa itu hanya sebatas kekuatan media sosial calon tertentu.

"Ya mungkin calon-calon yang banyak memenangkan poling-poling seperti itu bisa saja mereka telah mengorganisir pasukannya di media sosial," tandasnya.

Untuk mendongkrak, menyebar narasi, program, segala macam untuk mendongkrak elektabilitas maupun popularitasnya, tetapi hal itu menurut Ferdinand tidak bisa dijadikan gambaran realita dukungan nyata dari masyarakat.

"Jadi itu hal biasa saja, makanya dulu juga Gatot begitu tinggi di poling-poling twitter tetapi kan hasilnya tidak," tambahnya.

Ferdinand menambahkan, yang paling kenyataan itu adalah, survei yang dilakukan lembaga-lembaga survei karena mereka langsung mendata mendatangi ke bawah. Sementara twitte, dia melihat hanya digunakan kalangan atas segmen pengguna twitter hanya kalangan tertentu.

Baca Juga: Waduh! Jokowi Dinilai Lebih Nyaman dengan Relawannya Ketimbang PDIP

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: