Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Janji Mahfud MD ke Lukas Enembe: Saya Jamin Dia Tidak Akan Diapa-apakan

Janji Mahfud MD ke Lukas Enembe: Saya Jamin Dia Tidak Akan Diapa-apakan Kredit Foto: Kemenko Polhukam
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD kembali angkat suara terkait status tersangka korupsi Gubernur Papua, Lukas Enembe di KPK.

Diketahui, penetapan tersangka dugaan korupsi terhadap Lukas Enemba yang juga Ketua DPD Demokrat Papua itu, menuai polemik di tengah masyarakat terutama di Papua.

Bahkan, ada ancaman pendukung Lukas Enembe akan bergerak jika orang nomor satu di papua itu dijemput paksa KPK.

Apalagi, kondisi Lukas Enembe saat ini diklaim sedang mengalami sakit, sehingga tidak memungkinkan untuk menghadiri pemeriksaan yang dijadwalkan KPK.

Atas polemik yang terus berkembang itu, Mahfud MD pun memberi jaminan kepada Lukas Enembe bahwa pemeriksaan terhadap dirinya akan berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Dia akan memberikan perlindungan hukum kepada Lukas Enembe jika memang terbukti tidak bersalah.

"Jika memang tidak ada penyalahgunaan, saya menjamin dia tidak akan diapa-apakan, tidak akan diadukan ke pengadilan, tetapi klarifikasi terlebih dahulu," katanya di Badung, Bali, Jumat, 30 September 2022.

Dia pun meminta Lukas Enembe untuk mempertanggungjawabkan asal muasal harta kekayaannya kepada pihak berwajib. Termasuk jika dirinya memiliki saham pada perusahaan tambang emas Tolikara.

"Ya tinggal dijelaskan saja. Hukum itu kan gampang kalau sama-sama baik dan tidak ada rekayasa politik," katanya.

Sebelumnya, Mahfud MD menegaskan pemeriksaan Lukas Enembe atas dugaan korupsi merupakan murni kasus hukum, sehingga tidak ada kaitannya dengan situasi politik menjelang pemilu yang sekarang ramai dibicarakan banyak pihak.

Baca Juga: Gandeng DJKN, BSI Lelang 247 Aset dengan Limit Rp 251 Miliar

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: