Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bikin Melongo! Ini yang Dilakukan Xi Jinping dan Elite Partai Komunis China di Tiananmen Sebelum HUT RRC

Bikin Melongo! Ini yang Dilakukan Xi Jinping dan Elite Partai Komunis China di Tiananmen Sebelum HUT RRC Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter
Warta Ekonomi, Beijing -

Presiden Xi Jinping dan elite Partai Komunis China (PKC) menggelar ritual di Lapangan Tiananmen, Beijing, dengan meletakkan karangan bunga.

Bersama pejabat pemerintah lainnya dan perwakilan dari semua lapisan masyarakat meletakkan karangan bunga di tugu di tengah Lapangan Tiananmen.

Baca Juga: Kata-kata Jokowi Dipajang buat Hari Ulang Tahun ke-73 China, Ternyata Oh Ternyata Isinya...

Hari Martir diperingati sehari menjelang Hari Nasional yang menandai berdirinya Republik Rakyat China dan dua pekan menjelang Kongres Nasional ke-20 CPC yang dibuka pada 16 Oktober 2022.

Xi dan para pemimpin CPC dan pejabat pemerintah menyanyikan lagu kebangsaan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kepada mereka yang berkorban nyawa untuk rakyat dan pembangunan RRC.

Pada 30 September 1949 atau 73 tahun yang lalu, Sidang Pertama Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC) memutuskan untuk membangun Monumen Pahlawan Rakyat China di Lapangan Tiananmen untuk menghormati mereka yang berjuang untuk rakyat.

Dari tahun 1921 hingga 1949, lebih dari 3,7 juta martir dari kalangan revolusioner CPC.

Sejak merebaknya COVID-19 pada 2020, hampir 400 anggota CPC telah mengorbankan nyawa mereka untuk memerangi pandemi.

Lebih dari 1.800 anggota CPC juga mengorbankan nyawa mereka dalam berjuang mengentaskan kemiskinan, demikian media China.

Pada 2014 parlemen China menyetujui 30 September sebagai Hari Martir untuk memperingati mereka yang mengorbankan jiwa untuk kemerdekaan dan kemakmuran nasional.

Selain Beijing, beberapa kota lainnya, seperti Guangzhou dan Nanjing juga menggelar upacara yang sama.

Baca Juga: Volume Transaksi LCS Bank Mandiri Naik 112,3% Per November 2022

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: