Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

2 Negara Paling Dicurigai Eks Penasihat Pentagon Sebagai Aktor Utama Kebocoran Pipa Nord Stream, Ternyata Oh Ternyata!

2 Negara Paling Dicurigai Eks Penasihat Pentagon Sebagai Aktor Utama Kebocoran Pipa Nord Stream, Ternyata Oh Ternyata! Kredit Foto: Reuters/Al Drago
Warta Ekonomi, Washington -

Amerika Serikat dan Inggris adalah aktor paling masuk akal di balik serangan di jalur pipa gas Nord Stream, kata mantan penasihat Pentagon Kolonel Angkatan Darat Douglas Macgregor.

Dia berpendapat bahwa taktik sabotase akan membantu memastikan bahwa Jerman tidak dapat mundur dari mempersenjatai pasukan Ukraina melawan Rusia.

Baca Juga: Ada 2 Ledakan yang Bocorkan Pipa Nord Stream, Kekuatannya Setara 500 Kg TNT

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara podcast Andrew Napolitano, Macgregor menepis anggapan bahwa Rusia bertanggung jawab atas ledakan yang menyebabkan kebocoran di saluran Nord Stream, yang membawa gas alam melintasi Laut Baltik ke Jerman.

Rusia tidak melakukan ini. Gagasan bahwa mereka melakukannya, saya pikir, tidak masuk akal," katanya, mencatat bahwa ekonomi Moskow sangat bergantung pada ekspor energi.

Macgregor, penasihat khusus menteri pertahanan di bawah Presiden Donald Trump saat itu, menunjukkan bahwa bahan peledak yang setara dengan ribuan pon TNT harus digunakan untuk menembus jaringan pipa.

"Anda memiliki beberapa inci beton di sekitar berbagai paduan logam untuk memindahkan gas alam, jadi itu bukan sesuatu yang Anda bisa menjatuhkan granat di ujung pancing dan mengganggu," ujarnya.

“Anda harus melihat siapa aktor negara yang memiliki kemampuan untuk melakukan ini, dan itu berarti Angkatan Laut Kerajaan, Angkatan Laut Amerika Serikat, operasi khusus,” terang Macgregor, sambil mempertimbangkan tingkat kecanggihan yang diperlukan untuk melakukan serangan semacam itu

Dia mencatat bahwa mantan menteri luar negeri Polandia Radoslaw Sikorski bereaksi terhadap serangan Nord Stream dengan mengatakan, "Terima kasih, AS."

Baca Juga: Waduh! Berniat Usulkan Ganjar, Politikus PDIP Ini Minta PAN Berhati-hati

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: