Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nasdem Deklarasi Anies Capres, Reaksi Puan Saat Ditanya Persis dengan Jokowi: Posisinya Kita Masih dalam Suasana Duka

Nasdem Deklarasi Anies Capres, Reaksi Puan Saat Ditanya Persis dengan Jokowi: Posisinya Kita Masih dalam Suasana Duka Kredit Foto: DPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung di pemilihan umum (pemilu) 2024. Keputusan yang sempat menghebohkan ini pun turut ditanyakan kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Menghadapi pertanyaan soal itu, Puan nampak enggan berkomentar banyak. Menurutnya, saat ini Indonesia masih dalam suasana duka akibat tragedi kerusuhan Kanjuruhan yang menewaskan banyak korban jiwa.

Baca Juga: Sah Jadi Bakal Capres Nasdem, Petinggi Demokrat Ini Yakin Anies Baswedan Bisa Wujudkan Restorasi Bagi Partai

Meski demikian, Puan mengaku menghormati keputusan NasDem yang mencapreskan Anies. Menurutnya, setiap partai politik memiliki mekanisme dan kewenangan sendiri-sendiri untuk memilih dan menetapkan calon yang bakal maju dalam Pilpres.

"Saat ini, saya, kita semua sedang dalam situasi duka terkait dengan banyak sekali korban yang berjatuhan dalam kejadian di Stadion Kanjuruhan. Lebih baik kita fokus dulu untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut," ujar putri bungsu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Sehari sebelumnya, Jokowi juga menunjukkan keengganan untuk mengomentari langkah NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres di Pilpres 2024, dengan alasan masih dalam nuansa duka.

Baca Juga: Duet Anies-AHY Ternyata Bisa Lampaui Elektabilitas Ganjar-Puan, Hasil Survei Ungkap Penyebabnya

"Saya tidak ingin berkomentar. Karena posisinya, kita masih dalam suasana duka," ucap Jokowi, saat kunjungan ke Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

Apakah momentum NasDem umumkan Anies sebagai capres di saat masih suasana duka tragedi Kanjuruhan tidak pas? Pengamat politik Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengatakan, NasDem memang tak peka dengan melakukan deklarasi di tengah suasana duka. Padahal, tragedi Kanjuruhan sangat besar. Bahkan menjadi yang terbesar kedua di dunia.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: