Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh! Dukungan PSI Malah Bikin Ganjar Pranowo Kesusahan: Tiket Capres PDIP Makin Jauh dari Tangan

Duh! Dukungan PSI Malah Bikin Ganjar Pranowo Kesusahan: Tiket Capres PDIP Makin Jauh dari Tangan Kredit Foto: Twitter/Ganjar Pranowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menyebut bahwa dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk pencapresan Ganjar Pranowo justru merugikan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

PSI diketahui tidak memiliki kursi di parlemen sehingga tidak memenuhi syarat elektoral. Dukungan itu dianggap tidak berarti apa-apa, kecuali diikuti partai dari parlemen yang memiliki kursi.

Baca Juga: Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, PSI Kena Sentil PDIP: Tata Krama dalam Demokrasi Harus Dihormati

"Soal peluang Ganjar pertama tergantung memperoleh tiket atau enggak. Jika hanya dicalonkan PSI tentu tidak bisa karena partai nonparlemen," kata Arif kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Arif justru menilai pencalonan Ganjar oleh PSI ini bisa makin menjauhkan Ganjar mendapatkan tiket dari PDIP. Sebab diakui dia, saat ini di internal PDIP dukungan ke Puan Maharani sebagai bakal calon presiden (capres) makin menguat. Namun, keputusan pasti siapa yang akan dicapreskan belum diputuskan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Ini berarti peluang Ganjar sebenarnya masih ada. Namun, dengan dicapreskannya Ganjar oleh PSI, dinilai justru makin menjauhkan pilihan capres ke PDIP itu ke Ganjar. "Justru akan makin menguat ke Puan," katanya.

Arif masih meyakini walaupun PDIP bisa mencapreskan kader sendiri, PDIP pasti tidak akan mengusung sendiri. Ia yakin PDI Perjuangan masih kemungkinan akan membangun koalisi dengan partai lain.

Baca Juga: Jangkau Nasabah UMKM, Fintech KoinWorks Akusisi BPR Asri Cikupa Karya

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: