Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf Sandiaga Uno: Gen Z Inilah yang Menjadi Tulang Punggung Kebangkitan Pariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno: Gen Z Inilah yang Menjadi Tulang Punggung Kebangkitan Pariwisata Kredit Foto: Twitter/Sandiaga Salahuddin Uno
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bercerita bahwa tugasnya sebagai Menparekraf adalah menyiapkan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19. Karena cara orang berwisata hari ini berbeda dengan keadaan sebelum pandemi.

Sandi menjelaskan bahwa berwisata di era pasca Covid lebih personal karena harus menjaga jarak dan lebih berbasis kualitas. Di antara destinasi super prioritas Menparekraf yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika dan Likupang, ada destinasi wisata favorit Sandi yaitu desa wisata.

Baca Juga: Sandiaga Uno Beberkan Sudah Diminta Jadi Menteri Usai Pilpres: Saya Minta Waktu untuk Menata Kembali Usaha-Usaha Saya

Dalam video YouTube bertajuk "SENOPARTY. HEALING. WISATA. | #VINIAR hosted by Marlo Ernesto feat. Sandiaga Uno", Sandi berujar bahwa konten sangat dibutuhkan untuk mempromosikan destinasi wisata. Oleh karena itu ia sering dianggap liburan saat bekerja, bahkan bekerja saat liburan karena tugasnya yang mengelilingi destinasi wisata di Indonesia. Dari 17.000 pulau, 514 kabupaten kota, 37 provinsi, masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang luar biasa.

Sebelum pandemi, puncak wisatawan dari mancanegara itu mencapai 17 juta. Namun hari ini ditargetkan hanya sekitar 10-20% dari jumlah tersebut, yaitu 1,8-3,6 juta wisatawan. Sementara wisatawan lokal yang ditargetkan 500 juta sudah mencapai 600 juta.

"Jadi generasi Z inilah yang menjadi tulang punggung kebangkitan pariwisata kita," ujar Sandi.

Tahun ini, Indonesia sedang bersiap untuk G-20 dan World Tourism Day di mana lebih dari 180 negara akan berkumpul di Bali serta World Conference on Creative Economi yang juga di Bali. Sementara itu, untuk segmentasi anak muda, Sandi mengatakan bahwa pemerintah seakan dituntut untuk berpikir seperti startup. Anak muda dapat memberikan dampak yang sangat panjang dan sangat tinggi kepada pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Video lengkapnya:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: