Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumbuhkan Rasa Cinta, Ayo Ajak Anak ke Acara Kebudayaan Indonesia!

Tumbuhkan Rasa Cinta, Ayo Ajak Anak ke Acara Kebudayaan Indonesia! Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Bandung -

Rasa cinta kebudayaan Indonesia harus ditanamkan sejak kecil. Orangtua dapat mulai mengenalkan budaya Indonesia dengan mengajak anak-anak ke sanggar kebudayaan dan acara-acara bertema kebudayaan.

Ketua STIKOSA AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM mengatakan, seluruh elemen masyarakat bertanggung jawab membawa budaya Indonesia ke ruang digital. Salah satu contoh dari bidang pendidikan, baru-baru ini mahasiswa-mahasiswa dari STIKOSA AWS membuat pameran fotografi yang mengangkat budaya-budaya Indonesia di Dewan Kesenian Surabaya, di Pemkot Surabaya.

Baca Juga: AstraPay Hadirkan Layanan Transaksi Digital QRIS di Outlet Kalla Toyota

“Di situ, saya melihat para pesertanya, di samping mahasiswa-mahasiswa yang kerjaannya membuat konten, tapi saya melihat antusiasme tamu-tamu yang datang, membawa anak-anak. Rata-rata anak kecil ingin megang ketika melihat wayang. Ini untuk treatment anak-anak,” kata Meithiana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Selasa (18/10/2022).

Masifnya kemajuan teknologi membuat kebudayaan Indonesia seakan menghilang. Media digital menjadi panggung budaya asing. Imbasnya, sekarang ini anak-anak lebih mengenal budaya Korea Selatan. Padahal Indonesia memiliki budaya beragam.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, mahasiswa mengusung tajuk Lestari. Mereka berupaya mengangkat permainan-permainan tradisional dan mempromosikannya secara digital melalui konten-konten di media sosial.

“Terkait dengan konten di media sosial untuk mengangkat budaya, tentu bagaimana mereka bisa menyajikan konten berkualitas, bahwa antusias anak-anak kecil ketika melihat wayang. Itu kreatif dari mahasiswa untuk mengangkat di konten media sosial,” kata Meithiana.

Baca Juga: Gandeng Mastercard, BCA Digital Hadirkan bluVirtual Card

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Baca Juga: Marak Penggunaan Akun Anonim, Perilaku Kurang Beretika di Media Digital

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Senior Konsultan SOLUSI HOLISTIC dan Ketua RTIK Mojopahit Mojokerto, Abdul Rachman, SE.MM. Kemudian Ketua STIKOSA AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, serta mengundang Praktisi Media, Ahmad Fatin Ilfi S.Psi.

Baca Juga: Marak Penggunaan Akun Anonim, Perilaku Kurang Beretika di Media Digital

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: