Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Agen China Diduga Menyuap Agen Ganda AS dengan Bitcoin

Agen China Diduga Menyuap Agen Ganda AS dengan Bitcoin Kredit Foto: Reuters/Jim Urquhart
Warta Ekonomi, Jakarta -

Baru-baru ini, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengumumkan dakwaan terhadap dua petugas intelijen China yang diduga telah melakukan suap kepada agen ganda pegawai pemerintah Amerika Serikat dengan menggunakan Bitcoin (BTC) melalui dompet Wasabi Wallet.

Dilansir dari Cointelegraph pada Rabu (26/10/2022), pada 24 Oktober lalu, Departemen Kehakiman mengatakan bahwa Guochun He dan Zheng Wang telah berusaha menghalangi penuntutan perusahaan telekomunikasi global berbasis di China yang tidak disebutkan namanya dengan melakukan suap kepada pegawai pemerintah AS menggunakan BTC senilai US$61.000.

Baca Juga: Tesla Alami Kerugian Bitcoin sampai US$170 Juta

He dan Wang diketahui telah memulai skema pada tahun 2019 dengan mengarahkan agen ganda untuk mencuri informasi rahasia terkait dengan penuntutan perusahaan, yang menurut analisis dari Elliptic, perusahaan tersebut kemungkinan adalah Huawei.

Namun, rupanya pegawai pemerintah yang disebutkan tersebut adalah agen ganda yang atas nama Biro Investigasi Federal yang tidak melakukan perlawanan terhadap pihak berwenang di distrik Timur New York dalam kasus tuntunan perusahaan.

Meskipun transaksi disembunyikan melalui Wasabi Wallet, Elliptic memperkirakan suap dilakukan secara terpisah dengan nilai US$41.000 dan US$20.000 dalam bentuk BTC kepada agen ganda karena masing-masing memberikan dokumen "rahasia" dan sebagai upah atas informasi yang diberikan.

Baca Juga: Jangkau Nasabah UMKM, Fintech KoinWorks Akusisi BPR Asri Cikupa Karya

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: