Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf: UMKM Berperan Penting dalam Upaya Menghadapi Resesi Global

Menparekraf: UMKM Berperan Penting dalam Upaya Menghadapi Resesi Global Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan UMKM memiliki peranan yang besar dalam membantu masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi tantangan resesi akibat tekanan ekonomi global pada tahun 2023 mendatang.

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri acara Pekan Anak Muda Eksis dan Kreatif (PAMER), di Sleman, Jumat (4/11/2022), menyampaikan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Baca Juga: 20 Tahun Lebih Berkiprah, Rahasia Sukses Bisnis Keuangan Sandiaga Uno Ternyata Hanya Ini!

“Kita lihat bahwa UMKM inilah tulang punggung ekonomi kita. Jadi tahun depan kalau ada yang bilang ekonomi kita gelap, nah centernya 85 UMKM yang ada di depan kita di sini, di acara PAMER,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/11/2022).

Menparekraf pun mendorong agar anak muda memiliki semangat untuk menjadi entrepreneur muda. Menciptakan produk ekonomi kreatif agar mampu turut serta dalam memperkuat perekonomian Indonesia menghadapi resesi global.

Lebih lanjut, Menparekraf menjelaskan bahwa UMKM memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), yakni pada tahun 2020 sebesar 61% dan ditargetkan meningkat hingga 65% pada tahun 2024.

UMKM pun mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja. Juga menghimpun sampai 60,4% dari total investasi di Indonesia.

“Kalau anak muda 5% nya menciptakan usaha, maka 97% lapangan kerja akan tercipta.” kata Menparekraf.

Kemenparekraf akan terus mendorong terciptanya wirausaha muda dan penguatan ekosistem digital melalui beberapa program. Seperti Wirausaha Digital Mandiri (WIDURI) Ekonomi Kreatif, Bedah Desain Kemasan (BEDAKAN), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif), hingga Santri Digitalpreneur Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: