Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BAZNAS Microfinance Masjid Mulai Dirasakan Rakyat, Wapres Ma'ruf Amin: Demi Mengentaskan Kemiskinan!

BAZNAS Microfinance Masjid Mulai Dirasakan Rakyat, Wapres Ma'ruf Amin: Demi Mengentaskan Kemiskinan! Kredit Foto: Setwapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyerahkan program bantuan BAZNAS Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid At Taqwa, di Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (11/11/2022).

Bantuan ini diserahkan Wapres secara simbolis dengan total mencapai Rp 100 juta. Bantuan tersebut diyakini Wapres akan bermanfaat bagi para puluhan warga masjid dan UMKM sekitar, seperti usaha kecil dan para usaha mikro.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan, Wapres Ma'ruf Amin Menabur Bunga di Pusara BJ Habibie hingga Istri SBY

"Kepentingan sembako maupun juga untuk kepentingan untuk usaha kecil, para usaha mikro dan yg juga berkaitan di sekitar masjid dan yang berkaitan dengan masjid," kata Wapres.

Sebelumnya, program BAZNAS Microfinance Masjid merupakan produk Bank Zakat Mikro yang telah berjalan di 20 masjid Jabodetabek pada tahap awal ini. Bantuan yang disalurkan merupakan bagian dari program Bank Zakat Mikro insiasi BAZNAS. Bank Zakat Mikro adalah layanan keuangan mikro yang digulirkan BAZNAS untuk mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada mustahik pelaku usaha mikro dalam bentuk pembiayaan permodalan dan pengembangan usaha.

Menurut Wapres, Baznas memiliki peranan dengan berbagai program yang dimiliki, salah satunya dalam mengentasan kemiskinan. Dengan dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat, diharapkan ke depan BAZNAS mendapatkan pendapatan yang lebih besar lagi.

"Jadi kalau BAZNAS ini umat islam ini bersedekah, baik sodakah yang wajib, seperti zakat maupun sadakah yang sunah infak sadakah dan wakaf disebut sebagai ziswaf," katanya.

Baca Juga: Berebut Kepentingan, Koalisi Buat Anies Baswedan Dinilai Sulit Disatukan: Penyebabnya NasDem...

"Kalau pendapatan ziswafnya ini makin besar pasti nilai manfaatnya kepada masyarakat makin besar dan semakin banyak juga," ujarnya.

Baca Juga: Perluas Akses Pembiayaan, Bank Jago Tingkatkan Kerja Sama dengan BFI Finance hingga Gojek Tokopedia (GOTO)

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: