Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokoh yang Kuasai Kantong Suara di Jabar: Ridwan Kamil Juaranya, Prabowo dan Anies Mengekor di Belakang

Tokoh yang Kuasai Kantong Suara di Jabar: Ridwan Kamil Juaranya, Prabowo dan Anies Mengekor di Belakang Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ridwan Kamil (RK) berada di posisi pertama dalam survei CIGMark soal peta kekuatan calon presiden (Capres) 2024 di Provinsi Jawa Barat, wilayah yang paling "seksi" untuk diperebutkan. Setelahnya, ada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, bersama RK menempati tiga urutan teratas dalam peta kekuatan Capres 2024 tersebut.

"Dalam simulasi pertanyaan tertutup tentang siapa Capres yang akan dipilih jika Pilpres dilaksanakan saat ini, RK menempati elektabilitas paling tinggi, yakni 39,2 persen dari 18 nama yang diuji," ujar CEO CIGMark Research and Consulting, Panca Pratama, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Banyak Godaan di Calon Koalisi Pengusung, Analisis Refly Harun Bikin Pendukung Anies Baswedan Ketar-ketir: Bisa Gigit Jari!

Dalam simulasi pertanyaan yang sama, urutan kedua ada Prabowo Subianto dengan elektabilitas 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen, dan Ganjar Pranowo 8,1 persen. Sementara, elektabilitas kandidat lainnya di bawah lima persen.

"Sementara  itu, pemilih yang belum memutuskan (undecided voters) 3,8 persen," ujar Panca.

Dilihat dari aspek loyalitas pendukung, figur RK juga menempati posisi paling tinggi, yaitu sebesar 31,5 persen. Angka tersebut meninggalkan cukup jauh Prabowo yang selama ini cukup bersinar di Jawa Barat, hanya sebesar 16,1 persen.

"Sementara, pemilih loyal Anies Baswedan 9,5 persen, lalu Ganjar Pranowo 5,1 persen," terang dia.

Sementara itu, kata Panca, dari segi popularitas Capres di Provinsi Jawa Barat sosok RK merupakan figur yang paling dikenal dan disukai. Popularitas RK sudah menembus 99,2 persen dengan tingkat kesukaan 97,2 persen.

Baca Juga: Pembangunan KEK Kura-Kura Bali Diharapkan Dapat Mendukung Quality Tourism di Bali

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: