Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

VIDA: Verifikasi Identitas Digital Dorong Inklusivitas Ekosistem Digital Bagi UMKM

VIDA: Verifikasi Identitas Digital Dorong Inklusivitas Ekosistem Digital Bagi UMKM Kredit Foto: VIDA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Inklusi keuangan di Indonesia kini menjadi satu tujuan yang sangat penting dalam mencapai pertumbuhan ekonomi nasional.

Beberapa faktor yang mendorong inklusi keuangan ini antara lain termasuk adanya akses digital yang mudah dan aman serta dukungan terhadap UMKM untuk terintegrasi dalam ekosistem digital, di mana hal ini juga termasuk dalam rekomendasi Gugus Tugas Digitalisasi B20 yaitu, mendorong konektivitas universal untuk ekonomi digital dan layanan pemerintah dan standarisasi global untuk perlindungan data yang dapat memastikan inklusi dan menghilangkan kesenjangan digital.

Chief Revenue Officer VIDA Adrian Anwar menyampaikan bahwa meskipun dalam dua tahun terkahir ini kepercayaan konsumen telah menjadi bagian yang penting dalam ekosistem digital, namun pemberian akses yang aman dan mudah bagi UMKM untuk masuk dalam ekosistem digital masih menjadi diskursus yang jarang diangkat di tengah banyaknya ancaman keamanan siber yang terus meningkat.

Baca Juga: Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Indonesia Go Digital di Tahun 2024

Dalam hal ini, VIDA sebagai penyedia layanan identitas digital sekaligus bagian dari Gugus Tugas Digitalisasi B20 memberikan apresiasinya terhadap Pemerintah Indonesia dan juga industri usaha dalam forum B20 yang telah mengangkat pentingnya digital trust dalam skala yang lebih luas dalam mendorong ekonomi yang inklusif. Tentunya terkait ini, integrasi digital UMKM akan menjadi salah satu tantangan bersama yang harus dihadapi dalam mendukung pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia.

"Mendukung UMKM menjadi lebih tangguh di era digital menjadi salah satu fokus utama VIDA, agar seluruh lapisan masyarakat terutama UMKM untuk dapat masuk ke dalam ekosistem digital secara aman dan terpercaya," tutur Adrian dalam sebuah pernyataan media pada Senin (14/11/2022).

Ia melanjutkan, "melalui kerja sama strategis kami bersama para platform digital, UMKM dapat terverifikasi untuk bertransaksi dan mengembangkan bisnisnya di ekosistem digital yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara lebih jauh. VIDA siap menjadi platform identitas digital yang terdepan untuk mendukung ekonomi digital yang inklusif agar No One Left Behind."

Dalam upayanya merangkul lebih banyak UMKM masuk ke dalam ekosistem digital dan meningkatkan jangkauan inklusivitas keuangan Indonesia, VIDA bekerja sama dengan berbagai partner strategis dari ekosistem digital seperti Kredivo, Bank Jago, Warung Pangan dari Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan Grab untuk memudahkan UMKM terverifikasi secara cepat dan mendapatkan akses layanan digital dari platform digital dengan lebih aman dan nyaman.

Selama pandemi, VIDA telah bekerja sama dengan Grab dan KemenkopUKM dalam mendukung lebih dari 200.000 UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital melalui bantuan verifikasi identitas atau e-KYC yang mudah dan nyaman berbasis sertifikat elektronik. Verifikasi identitas digital yang lebih mudah ini tentu akan berdampak pada peningkatan kepercayaan pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Terkait hal ini Adrian menyampaikan, "implementasi verifikasi identitas digital yang sudah mendukung teknologi kecerdasarn buatan dan liveness detection dapat mendukung akses digital yang lebih cepat dan aman."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: