Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gokil! Laba Bersih Hartadinata Abadi Malah Tumbuh 35% di Tengah Ketidakpastian Global

Gokil! Laba Bersih Hartadinata Abadi Malah Tumbuh 35% di Tengah Ketidakpastian Global Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tingginya ketidakpastian ekonomi global dan potensi resesi tak menyurutkan kinerja PT Hartadinata Abadi Tbk (IDX: HRTA). Buktinya, produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia ini, mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,10 triliun di triwulan III 2022. Angka itu meningkat sebesar 30,67% YoY bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan pendapatan HRTA ini didorong oleh adanya peningkatan dalam penjualan emas murni sebesar 27,26% YoY dari 2,84 ton pada 1H2021 menjadi 3,62 ton pada 1H2022. Selain itu, harga rata – rata jual (Average Selling Price/ASP) tercatat pada level Rp876,429/ gram di 1H2022, yang meningkat 3,05% YoY dari yang sebelumnya Rp850,482/ gram pada 1H2021.

Peningkatan juga tercatat pada laba bersih Perseroan sebesar 35% YoY menjadi Rp206,27 milliar. Penjualan ke grosir masih menjadi kontributor utama dengan porsi 90,87%, yang diikuti oleh penjualan eceran sebesar 7,82% dan bisnis gadai sebesar 1,08%. Sedangkan ROA meningkat ke level 7,06% dan ROE terjaga di 16,40%. Di sisi lain, Perseroan berhasil mencatatkan penurunan rasio DER dari sebelumnya 1,41x di 1H22 menjadi 1,32x di 9M22. Baca Juga: Hartadinata Abadi Gaet Bank Syariah Indonesia Perluas Akses Investasi Emas

“Pencapaian pertumbuhan kinerja HRTA yang signifikan tersebut dikontribusikan oleh penjualan EmasKITA dan Kencana yang mencapai 45% dari total penjualan, dan menjadi produk unggulan dari PT Hartadinata Abadi Tbk. Kedepannya kita masih akan terus mendorong dan memperkenalkan EmasKITA dan Kencana kepada lebih banyak masyarakat lagi," ujar Direktur Utama HRTA Sandra Sunanto, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Pada tahun ini, lanjut Dia, PT Hartadinata Abadi Tbk bersama dengan PT Emas Antam Indonesia (EAI) juga terus berinovasi pada produk emas batangan Perseroan dengan menambahkan fitur BullionProtect®, yaitu teknologi terbaru proteksi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh SICPA bekerja sama dengan METALOR Technologies.

"Teknologi BullionProtect® saat ini ditambahkan pada produk emas murni batangan ukuran 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram, dimana tinta keamanan (security ink) telah terbukti mengamankan dan mengantisipasi tindakan pemalsuan," paparnya.

Selain inovasi pada produk, PT Hartadinata Abadi Tbk juga mengadakan kemitraan dengan beberapa institusi keuangan seperti salah satu diantaranya adalah Bank Syariah Indonesia untuk terus bisa mendorong inklusifitas emas. Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Melonjak Drastis, Begini Rincian Harga Emas Antam per 16 November 2022

Untuk mendorong penjualan EmasKITA dan KENCANA, Perseroan juga telah meluncurkan e-commerce emaskita.id yang dapat langsung diakses oleh pelanggan untuk membeli produk EmasKITA dan KENCANA, melakukan buyback, serta melakukan verifikasi keaslian emas dan untuk mengakses fitur Augmented Reality. 

"Perseroan berharap dengan kehadiran e-commerce emaskita.id dapat meningkatkan inklusifitas emas terhadap masyarakat dan penjualan ritel secara B2C," tutupnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: