Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Giliran Rishi Sunak Kirim Pujian G20 Indonesia: Terima Kasih Presiden Jokowi

Giliran Rishi Sunak Kirim Pujian G20 Indonesia: Terima Kasih Presiden Jokowi Kredit Foto: Antara/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Nusa Dua -

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyanjung keketuaan Indonesia dalam G20. Sunak pun berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena mengutamakan bahasan ekonomi dan keuangan global.

"Saya ingin berterima kasih pada Presiden Indonesia Joko Widodo untuk perannya dalam mengadakan diskusi dan memimpin G20 pada masa yang sulit ini," kata Sunak di Bali, dilansir dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Narendra Modi Puji Presidensi G20: India bakal Lanjutkan Inisiatif Indonesia

Menurut Rishi Sunak, Presiden Jokowi selama memimpin KTT G20 bisa meletakkan pembahasan tentang keuangan publik pada tempatnya.

"Saya rasa Presiden (Jokowi) dan timnya layak dapat pujian untuk kepemimpinan yang mereka tunjukkan, terutama beberapa hari belakangan," kata Rishi Sunak.

Selama pertemuan KTT G20, menurut dia, Presidensi G20 Indonesia meminta negara-negara yang sedang berkonflik untuk mengatasi perang dan mengutamakan solidaritas.

"Juga bekerja sama menghadapi tantangan, memastikan kita melawan inflasi bersama, memastikan transisi kepada energi yang lebih aman dan ramah," kata Sunak.

Pada akhir KTT G20, Indonesia secara resmi menyerahkan estafet keketuaan G20 kepada India.

Sunak pun berharap hal-hal positif yang dihasilkan pada Presidensi G20 Indonesia bisa diteruskan kepada India.

Sebagai informasi, KTT G20 di Nusa Dua, Bali, baru saja selesai dan menghasilkan dokumen G20 Bali Leaders' Declaration, yang terdiri dari 52 paragraf.

Deklarasi itu memuat kesepakatan anggota G20 antara lain dalam menangani krisis pangan dan energi, menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral dan mengadopsi teknologi digital untuk mendorong inovasi.

Baca Juga: Cek Penanganan Stunting di Jakut, Heru Budi Minta Orang Tua Pantau Gizi Anak

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: