Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat: Gibran Belum Mumpuni jadi Gubernur Jakarta apalagi Cawapres Anies

Pengamat: Gibran Belum Mumpuni jadi Gubernur Jakarta apalagi  Cawapres Anies Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah menilai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum cukup mumpuni untuk bersaing dalam Pilpres 2024. Hal tersebut dia ucapkan untuk menyoroti munculnya isu duet antara Gibran dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pasangan capres cawapres.

Seperti diketahui, isu tersebut muncul setelah anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bertemu dan makan siang bersama Anies di Solo pada 15 November 2022.

“Gibran tidak akan memiliki peluang (dalam Pilpres 2024, red), bahkan dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta saja dia belum bisa,” ujar Dedi kepada GenPI.co, Selasa (22/11).

Dirinya juga menilai pengaruh Jokowi tidak sekuat dulu. Oleh sebab itu, menurutnya, hal paling memungkinkan adalah mendorong Gibran dalam Pilgub Jawa Tengah.

“Bisa saja di Jawa Tengah. Hal tersebut paling memungkinkan. Selain itu, nama Gibran cukup dikenal di tempat asalnya,” tuturnya.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menduga Gibran tengah memikirkan cara agar bisa memenangkan pertarungan di level gubernur.

Arifki menduga hal tersebut terlihat lantaran Gibran menemui Anies dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam waktu dekat.

Senada dengan Dedi, Arifki juga menilai Gibran akan menemui jalan menanjak yang jerjal jika memaksakan diri untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta. “Secara medan politik, DKI Jakarta tentu memiliki tantangan sendiri bagi Gibran jika ingin mengikuti langkah Jokowi,” tandas Arifki.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan GenPI.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua