Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gelar Pesta Rakyat, Rencana Erick Thohir Gandeng UMKM Di Pernikahan Kaesang Diapresiasi

Gelar Pesta Rakyat, Rencana Erick Thohir Gandeng UMKM Di Pernikahan Kaesang Diapresiasi Kredit Foto: Instagram/Erick Thohir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menggelar pesta pernikahan putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep sekaligus pesta rakyat di Solo.

Dalam konsepnya, Erick Thohir akan menggandeng para pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk terlibat dalam pesta rakyat nanti.

Menanggapi rencana Erick Thohir ini, Pegiat UMKM (Startup) yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekrafs) Febryan Wishnu mengatakan, cara Menteri BUMN melibatkan pelaku UMKM untuk memeriahkan pesta pernikahan putra Presiden Jokowi ini patut diapresiasi.

Menurut Wishnu, keterlibatan pelaku UMKM dalam pesta rakyat di Nikahan Kaesangan Pangarep ini bagian dari cara Menteri BUMN menaikan level UMKM Indonesia lewat promosi gratis. Pasalnya, kata Wishnu akan ada tamu undangan dari perwakilan negara-negara sahabat.

“Sebagai pelaku UMKM saya ucapkan terimakasih, karena dengan terus diadakan dan dilibatkannya kami para pelaku UMKM menjadi tanda jika UMKM selalu didukung untuk terus naik level,” kata Wishnu saat dihubungi, Rabu (23/11).

Dikatakan Wishnu, lewat pesta rakyat ini para pelaku UMKM makin mengasah daya kreatif mereka untuk terus meningkatkan hasil produksi mereka, dan pastinya momen ini akan menjadi ajang promosi yang sangat efektif tanpa mengeluarkan biaya besar, seperti pameran-pameran resmi.

“Pesta Rakyat ini akan mengasah daya kreatif para pelaku UMKM, meningkatkan nilai tambah hasil produksi UMKM sehingga bisa terus bersaing di pasar. Selain itu bisa menjadi ajang promosi yang efektif bagi produk-produk UMKM,” ucapnya.

Dijelaskan pemilik brand 6+etnhic itu, keterlibatan UMKM dalam pesta rakyat di pernikahan Kaesang Pangarep menjadi bagian dari titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Keputusan Menteri BUMN ini patut diacungi jempol karena dirinya paham betul bahwa UMKM lah yang menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi nasional saat ini, yakni meningkatnya belanja rumah tangga.

“Saat ini menjadi masa titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia. UMKM harus terus didukung dan diberi pendampingan agar selalu berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

“UMKM telah terbukti menjadi motor penggerak dan penyelamat perekonomian Indonesia. UMKM mampu menopang sendi-sendi perekonomian bangsa di masa sulit dan krisis ekonomi hingga krisis global sekarang ini,” tambahnya.

Wishnu juga meminta agar Pemerintah tak hanya memberikan ruang bagi pelaku UMKM mempromosikan produk mereka, tetapi Pemerintah harus memberikan edukasi dan pendampingan, terkhusus kepada para pelaku UMKM yang baru merintis agar bisa bertahan disaat ada ancaman krisis.

“Sangat penting bagi saya untuk terus diberikannya edukasi kepada para pelaku UMKM agar bisa terus Naik Kelas khususnya pada era Ekonomi Digital saat ini,” pungkas Wishnu.

Baca Juga: Said Didu Tegaskan Ada 10 Agenda yang Harus Dilakukan Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: