Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga Uno Buka Suara Perihal Batik Endek Bali yang Dihina Youtuber Inggris

Sandiaga Uno Buka Suara Perihal Batik Endek Bali yang Dihina Youtuber Inggris Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno buka suara perihal pakaian Endek Bali yang beberapa waktu lalu sempat diejek oleh YouTuber asal Inggris, Mahyar Tousi.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno meminta warganet Indonesia jangan langsung bereaksi atau ngegas terlebih menggunakan kata-kata negatif.

"Sempat viral foto dari salah satu netizen, dan ini ya tentunya ketidaktahuan netizen. Ini mestinya kita jangan balas dengan amarah atau ancaman atau saling justru mengeluarkan kata-kata negatif. Saya justru ingin menggunakan kesempatan ini untuk promosi wasta Indonesia, khususnya endek bali yang dipakai PM Inggris, PM Kanada, dan wah ada pak menteri perdagangan di tengah-tengah foto," ujar Sandiaga Uno di Jakarta.

Sandiaga Uno menuturkan, Kain khas Bali Endek sudah bekerja sama dengan House of Christian Dior dan sejak 2021 sudah mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat luar negeri.

"Ketidaktahuan Mahyar Tousi ini sebetulnya harus kita bantu dengan informasi dengan menggunakan kesempatan ini semakin mempromosikan. Jadi kami mengajak masyarakat menghargai an memakai perajin wasta Indonesia dan jangan kita coreng dengan memberikan komentar yang negatif walaupun itu dilandasi oleh ketidaktahuan netizen. Katanya Mahyar Tousi sempat diancam, ya gimana, netizen Indonesia mau dilawan, ngeri, cepat panas gitu kan netizen Indonesia," ujar Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang turut serta menyukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali.

"Saya ucapkan terima kasih untuk semua yang telah memberikan sumbangsih terbaik bagi kontribusi terbaik Indonesia sebagai sebuah bangsa yang sangat diperhitungkan dan mampu mencetak sebuah prestasi menjadi host yang sukses untuk KTT G20," ungkap Sandiaga.

Perlu diketahui, pakaian Endek Bali yang dikenakan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Tredeau, Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan dan pendiri World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab dalam gala dinner G20 beberapa waktu lalu sempat diejek oleh YouTuber asal Inggris, Mahyar Tousi.

Melalu akun Twitter pribadinya, Tousi menyoroti pakaian yang dikenakan. "Apa sih yang dikenakan para idiot ini," cuit Tousi.

Belakangan Mahyar Tousi, meminta maaf atas cuitannya itu. "Sekali lagi, saya mohon maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang disebabkan oleh tweet yang bercanda tentang pemimpin G20 yang mengenakan pakaian adat Indonesia. Kami di Inggris membuat lelucon tentang Sunak & Trudeau yang memakainya tidak memiliki niat buruk dan tidak mengetahui budayanya." pungkasnya.

Baca Juga: Said Didu Tegaskan Ada 10 Agenda yang Harus Dilakukan Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: