Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lindungi Sistem Keamanan Jaringan, Pemkab Tangerang Luncurkan Tangerangkab-CSIRT

Lindungi Sistem Keamanan Jaringan, Pemkab Tangerang Luncurkan Tangerangkab-CSIRT Kredit Foto: The Technical Traders
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Tangerang melaunching Kabupaten Tangerang Computer Security Insident Response Team (tangerangkab-CSIRT) yang digagas oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang.

Acara digelar ICE BSD City Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, kemarin. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan tangerangkab-CSIRT nantinya untuk melindungi dan menjaga sistem keamanan jaringan khususnya cyber di Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Provinsi Banten.

" Tangerangkab-CSIRT ini bertugas salah satunya untuk melindungi data dan juga dokumen-dokumen pemerintah maupun di opd-opd se-Kabupaten Tangerang. CSIRT ini juga terkoneksi dengan provinsi dan BSSN," ungkap Bupati Zaki.

Dengan adanya tangerangkab-CISRT, kata Zaki kecenderungan anomali ataupun insiden-insiden untuk percobaan pembobolan data atau peretasan baik dari kabupaten ke pusat dan Propinsi Banten ataupun sebaliknya bisa dideteksi lebih dini dan dapat segera diantisipasi segala dampak serta penanggulangannya.

"Saya sangat mengapresiasi Diskominfo Kabupaten  Tangerang yang telah memprogram dan meluncing tim keamanan ini. Semoga keamanan dan keselamatan data dan dokumen yang ada di Kabupaten Tangerang bisa lebih terjaga dan integritasnya bisa dipercaya," harapnya.

Perlu diketahui, Tangerangkab-CSIRT atau Tim Tanggap Insiden Keamanan Komputer Kabupaten Tangerang merupakan tim yang dibentuk untuk untuk melakukan penanggulangan insiden, mitigasi insiden, investigasi dan analisis dampak insiden, serta pemulihan pasca insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: