Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hobi Beramal, Warren Buffett Donasikan Saham Berkshire Senilai Rp11 Triliun!

Hobi Beramal, Warren Buffett Donasikan Saham Berkshire Senilai Rp11 Triliun! Kredit Foto: Investors
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder dermawan, Warren Buffett kembali beramal dengan jumlah yang tidak sedikit. Investor miliarder itu dilaporkan menyumbangkan lebih dari USD750 juta (Rp11,7 triliun) saham Berkshire Hathaway pada hari Rabu ke empat yayasan yang dijalankan oleh keluarganya.

Sumbangan itu menandai pertama kalinya pria berusia 92 tahun itu memberikan hadiah besar kedua dalam tahun yang sama.

Melansir Fox Business di Jakarta, Jumat (25/11/22) Buffett memberikan hadiah tahunan kepada lima badan amal setiap musim panas, tetapi putaran pemberian tambahan ini tidak termasuk Yayasan Bill & Melinda Gates.

Buffett mulai memberikan sumbangan tahunan ke lima badan amal yang sama pada tahun 2006 ketika dia mengungkapkan rencana untuk memberikan sebagian besar kekayaannya. Gates Foundation adalah penerima sumbangan terbesar.

Baca Juga: Tak Ada Angin, Tak Ada Hujan, Warren Buffett Terus Pangkas Kepemilikannya di Saham Raksasa Mobil Listrik China, Segini Keuntungannya!

Sebuah pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa menunjukkan Buffett memberikan 1,5 juta saham Kelas B kepada Susan Thompson Buffett Foundation, dinamai untuk istri pertamanya.

Dia juga memberikan masing-masing 300.000 saham Kelas B kepada tiga yayasan yang dijalankan oleh anak-anaknya: Yayasan Sherwood, Yayasan Howard G. Buffett, dan Yayasan NoVo.

Pada bulan Juni, ia memberikan 11 juta saham Kelas B kepada Gates Foundation, 1,1 juta saham B kepada Susan Thompson Buffett Foundation dan masing-masing 770.218 saham kepada tiga yayasan anak-anaknya.

Yayasan Susan Thompson Buffett telah menjadi pendukung utama hak aborsi, memberikan hadiah besar kepada Planned Parenthood dan kelompok lainnya.

Buffett belum mengumumkan perubahan apa pun dalam rencana pemberiannya sejak Mahkamah Agung AS membatalkan Roe v. Wade awal tahun ini.

Susie Buffett (69) menggunakan Sherwood Foundation-nya untuk memperkuat pendidikan anak usia dini dan mendukung sejumlah proyek di sekitar kampung halaman Buffett di Omaha tempat dia juga tinggal.

Sementara Howard Buffett (67) membantu para petani di negara-negara miskin menghasilkan lebih banyak dan bekerja untuk mengakhiri kelaparan dunia dengan yayasannya yang bernama sama.

Kemudian, Peter Buffett (64) telah mendedikasikan NoVo Foundation-nya untuk memberdayakan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia melalui pendidikan, kolaborasi, dan pengembangan ekonomi untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Bahkan setelah hadiah terbaru ini, Buffett masih mengendalikan lebih dari 31% hak suara Berkshire.

Baca Juga: OJK Fokus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Hingga ke Daerah

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: