Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Viral Warga Pengungsi Gempa Cianjur Hadang Mobil Relawan Logistik, Ini Tanggapan Mensos Risma!

Viral Warga Pengungsi Gempa Cianjur Hadang Mobil Relawan Logistik, Ini Tanggapan Mensos Risma! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Baru-baru ini beredar video yang diduga warga Cianjur mencegat sebuah mobil relawan yang akan memberikan bantuan bagi korban terdampak gempa viral di media sosial. Dalam video berdurasi 29 detik itu, awalnya mobil relawan akan memberikan bantuan logistik kepada warga Cianjur yang terdampak gempa.

Namun dalam perjalanan, mobil relawan itu nampak dihadang oleh sejumlah warga. "Mendingan kita mundur, kita mundur aja deh," kata pengendara mobil tersebut.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur: Menteri Basuki Tangani Longsoran hingga Distribusikan Prasarana Air Bersih

Perihal ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaklumi karena keadaan di lokasi bencana masih belum stabil. Risma menyebut warga yang menghadang merupakan warga yang membuat pengungsian mandiri.

"Jadi pengalaman saya sebetulnya itu, karena ini kita punya pos misalkan ya kita punya pos di sini dan sepanjang jalan menuju posko itu sebetulnya banyak para pengungsi itu. Nah sekarang mereka kita sisir. Jadi itu yang mereka yang menghadang itu rata-rata mengungsi mandiri," kata Risma dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Risma mengatakan, mereka tidak mau meninggalkan rumahnya, bahkan mereka membuat tenda. "Kini masih disisir. Kemudian kini dibuat tenda. Sekarang kami juga berikan bantuan. Kalau dia bisa masak kami bantu bahan makanan mentah, lalu mereka masak sendiri. Seperti itu cara yang bisa dilakukan," ungkapnya.

"Memang waktu di awal itu kan kondisinya panik sehingga mungkin masyarakat juga takut. 'Saya bisa makan tidak karena rumahnya roboh semua begitu'. Karena itu, ini kami pastikan bahwa kita tidak akan mencabut dapur umum sebelum memang kondisinya itu stabil supaya masyarakat tenang," tambah Risma.

Baca Juga: Ajaib! Ngefans sama Ferdy Sambo, Seorang Wanita Nekat Terobos Ruang Sidang, Tokoh NU: Hanya di Indonesia Ada Ngefans Sama Pembunuh

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: