Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sehari Dilantik, Anwar Ibrahim Gerak Cepat Benahi Biaya Hidup Rakyat Malaysia

Sehari Dilantik, Anwar Ibrahim Gerak Cepat Benahi Biaya Hidup Rakyat Malaysia Kredit Foto: Reuters/Departemen Penerangan Malaysia/Wazari Wazir
Warta Ekonomi, Kuala Lumpur -

Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat Anwar Ibrahim pada Jumat (25/11/2022) mengatakan bahwa fokus utamanya adalah pada biaya hidup saat ia menjabat dengan ekonomi yang melambat dan negara yang sangat terpecah setelah pemilihan yang ketat.

"Prioritas saya sekarang adalah mengatasi biaya hidup," katanya dalam konferensi pers setelah melapor untuk bertugas di kantor perdana menteri, dilansir Reuters.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Ingin Bentuk Sebuah Kabinet Menteri yang Lebih Ramping

Anwar belum mengumumkan penunjukan kabinet untuk pemerintahan koalisinya. Dia sebelumnya mengindikasikan akan ada dua wakil perdana menteri di kabinetnya --satu dari mantan aliansi penguasa Barisan dan satu lagi dari blok politik yang lebih kecil di Malaysia Borneo.

Pengangkatannya mengakhiri lima hari krisis pasca pemilihan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Saingannya, mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin, menolak menyerah, menantang Anwar untuk membuktikan mayoritasnya di parlemen. Namun pada Jumat (25/11/2022), Muhyiddin mengatakan dia menerima penunjukan Anwar dan bloknya akan berperan sebagai oposisi.

Kampanye untuk pemilihan hari Sabtu (19/11/2022) mengadu koalisi multi-etnis Anwar yang progresif melawan aliansi etnis-Melayu, Muslim yang sebagian besar konservatif Muhyiddin.

Tetapi tidak ada pemimpin yang memenangkan mayoritas, yang meningkatkan risiko kebuntuan yang memperburuk ketidakstabilan di Malaysia yang beragam etnis, yang telah memiliki tiga perdana menteri dalam beberapa tahun.

Perselisihan juga berisiko menunda keputusan kebijakan yang diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Raja konstitusional, Raja Al-Sultan Abdullah, meredakan krisis dengan menunjuk Anwar setelah berkonsultasi dengan berbagai politisi.

Baca Juga: Sambutan Luar Biasa Anies di Aceh, Eh Gubernur Jateng Disenggol: Yakin Kalau Ganjar ke Aceh Gak Akan Begini Sambutannya...

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: