Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN Aman

Presiden Jokowi Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN Aman Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Bandung -

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan langsung ke lokasi posko siaga pascagempa di Cianjur, Jawa Barat.

Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, jajaran TNI/POLRI, BNPB, serta Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo meninjau Posko Siaga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Cianjur, pada Kamis (24/11/2022).  

Baca Juga: Di Posko LDP Kemensos, Presiden Bagikan Makanan dan Disambut Riuh Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur

Presiden Jokowi mengatakan kunjungan kali ini dilakukan untuk memastikan penyaluran logistik dan kebutuhan dasar warga terpenuhi.  

"Saya juga ingin memastikan bahwa logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Makanan, obat-obatan, listrik, semuanya termasuk juga kekurangan tenda. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi," kata Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat (25/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, melaporkan bahwa PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Cianjur kurang dari 36 jam. Ia menuturkan, di empat jam pertama pascagempa, PLN memprioritaskan pemulihan listrik di RSUD Sayang, Kantor Pemerintah, dan juga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).  

"Kami sudah berhasil menyalakan seluruh fasilitas umum, RSUD yang terpenting, dalam kurun waktu empat jam setelah kejadian. Saat ini kami pastikan 326 ribu warga Cianjur yang sempat padam listriknya karena gempa sudah kami pulihkan," ungkapnya. 

Baca Juga: Pengungsi Korban Gempa Cianjur: Tak Ada Listrik, Banyak Lalat dan Nyamuk

Darmawan mengaku pihaknya memang memprioritaskan pemulihan RSUD dan fasilitas umum untuk memastikan proses evakuasi warga dan penanganan korban bisa berlangsung cepat. 

"Kami kerahkan seluruh kekuatan dan peralatan. Sehingga, prioritas kami RSUD dalam empat jam sudah menyala kembali. Pompa bensin, gedung pemerintah. Sehingga evakuasi korban gempa di hari Senin tetap bisa berjalan karena aliran listrik aman," jelasnya.

Baca Juga: Warga Kaltim Diiming-imingi Apartemen Jika Mau Tinggal di IKN, Kubu Demokrat Senggol: Rezim Ini Selalu Gegabah

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: