Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan TKDN Kelistrikan di Tengah Transisi Energi, Ini yang Dilakukan PLN

Tingkatkan TKDN Kelistrikan di Tengah Transisi Energi, Ini yang Dilakukan PLN Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PLN Group terus meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam setiap proyek pembangkit listrik. Langkah ini sebagai upaya PLN untuk ikut berkontribusi mendongkrak perekonomian nasional lewat penggunaan produk dalam negeri.

Ketua Tim TKDN PLN Nusantara Power, Hariyadi Krismoyanto, menargetkan angka TKDN dalam setiap proyek ketenagalistrikan bisa mencapai 100 persen pada tahun 2030.

Baca Juga: Genjot TKDN di Industri Trafo Dalam Negeri, PLN Gandeng Dua BUMN

"Kami di PLN Nusantara Power memiliki roadmap untuk nanti di tahun 2030 harus mencapai TKDN 100 persen," ujar Hariyadi dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (26/11/2022).  

Hariyadi mengatakan, komitmen ini dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan produksi dan utilisasi nasional yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan efisiensi industri. "Dengan demikian, industri nasional akan makin berkembang hingga mampu bersaing di pasar global," ujarnya.

Selain itu, peningkatan TKDN juga bisa menciptakan kesempatan kerja, serta penghematan devisa negara karena berkurangnya ketergantungan pada produk luar negeri.

Berbagai usaha dilakukan PLN Nusantara Power untuk mengejar target tersebut. Pada tahun 2022, PLN Nusantara Power melakukan ratifikasi kebijakan strategis pedoman penggunaan produk dalam negeri sebagai dasar menjalankan program peningkatan TKDN di PLN NP.

Kemudian, menanamkan pemahaman tentang perlunya penggunaan produk dalam negeri dalam kegiatan pengelolaan pembangkit. "Terakhir, pemanfaatan workshop PLN NP Group untuk melayani kebutuhan internal," ungkapnya.

Tidak hanya PLN NP, PLN Indonesia Power (PLN IP) pun berkomitmen menyukseskan program transisi energi nasional dengan terus meningkatkan kapasitas pembangkit EBT, dengan tetap memperhatikan TKDN.

"PLN akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak demi ketersediaan energi bersih dan berkelanjutan untuk seluruh masyarakat Indonesia," ujar EVP Riset Innovation Engineering PLN Indonesia Power Suparlan.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: