Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Barat Jangan Ragu untuk Setop Permainkan Harga Minyak Rusia atau Terima Konsekuensi Serius Putin

Barat Jangan Ragu untuk Setop Permainkan Harga Minyak Rusia atau Terima Konsekuensi Serius Putin Kredit Foto: Reuters/Sputnik/Aleksey Babushkin
Warta Ekonomi, Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan akan adanya konsekuensi serius untuk pasar energi global jika Barat memberlakukan batasan harga pada minyak Rusia.

Upaya Barat untuk membatasi harga minyak Rusia dibahas dalam percakapan telepon antara Putin dengan Perdana Menteri baru Irak Mohammed Shia Al-Sudani. Demikian Kremlin dalam pernyataan yang dirilis Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Bocoran Pidato Putin Soal Mobilisasi Penuh Bikin Geger, Kremlin Langsung Ngebantah

"Tindakan seperti itu bertentangan dengan prinsip pasar dan kemungkinan besar akan mengakibatkan konsekuensi serius bagi pasar energi global," kata Putin.

Sementara prospek untuk memperluas perdagangan bilateral dan hubungan ekonomi menjadi fokus, kedua belah pihak juga memuji kerja sama Rusia dan Irak dalam OPEC+, yang memungkinkan untuk memastikan stabilitas pasar minyak dunia.

Uni Eropa sejauh ini gagal mencapai kesepakatan untuk membatasi harga minyak Rusia.

Sebelumnya pada Kamis, Pesiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan para anggota EU bekerja dengan kecepatan penuh dalam menyusun paket sanksi kesembilan dan akan segera menyetujui batasan harga global minyak Rusia, bersama dengan G7 dan mitra utama lainnya.

"Kami tidak akan beristirahat sampai Ukraina menang atas Putin dan perangnya yang biadab dan melanggar hukum," kata Von der Leyen, mengacu pada operasi militer khusus Rusia yang dimulai pada Februari 2022.

Baca Juga: Mendag Zulkifli: Pembelian Minyakita Lebih dari Lima Liter Wajib Tunjukkan KTP

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: