Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berlebihan! Presiden Jokowi Sudah Dianggap Sebagai Ratu Adil oleh Loyalisnya

Berlebihan! Presiden Jokowi Sudah Dianggap Sebagai Ratu Adil oleh Loyalisnya Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik sekaligus akademisi, Rocky Gerung mengkritik sikap berlebihan dari para loyalis atau relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia bahkan menganalogikan para relawan menganggap Jokowi sebagai sosok ratu adil. 

Untuk diketahui Ratu Adil adalah mitologi yang berakar dari masyarakat Jawa kuno. Ratu adil adalah pemimpin Nusantara yang diyakini akan datang sebagai penyelamat, keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Kritik ini diberikan Rocky usai Presiden Jokowi diketahui menghadiri acara Nusantara Bersatu yang digelar oleh relawan Jokowi di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/22) lalu. 

Baca Juga: Anies Baswedan Nggak Bisa Ikut Pilpres karena Bukan Orang Indonesia Asli? Rocky Gerung: Siapa Orang Indonesia Asli? dari 10.000 Tahun Lalu…

“Ada semacam pengertian tentang Ratu Adil dan dianggap dia (Presiden Jokowi) Ratu Adil akan datang,” kata dia seperti dikutip dari kanal youtube Rocky Gerung Official, Senin (28/11/2022).

.

“Kemudian, ada semacam apa namanya misi di dalam politik yang menganggap bahwa orang buruk akan celaka nanti di ujungnya,” tambahnya. 

Kepercayaan ini menurut Rocky bukan tanpa alasan, karena kata dia Indonesia masuk dalam terminologi yang biasa disebut antropologi keyakinan. 

“Nantinya keyakinan itu mendahului kalkulasi rasional dan itu bagian dari masyarakat Timur umumnya.Tuh itu semua sistem antropologi kita, dan itu tidak kompatibel dengan demokrasi sebetulnya,” kata dia.

Baca Juga: Berkunjung ke Bali, Airlangga Hartarto Resmikan Yellow Clinic dan Mengajak Kader untuk 'Pulang ke Kawitan'

Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty
Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: