Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri PPPA Ungkap Peran Perempuan dalam Pemanfaatan Energi Bersih

Menteri PPPA Ungkap Peran Perempuan dalam Pemanfaatan Energi Bersih Kredit Foto: Kementerian PPPA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menyebut bahwa perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam pemanfaatan energi bersih. Hal ini diungkapkannya saat berbicara mengenai peran perempuan dalam membangun energi bersih di Acara Touring EV & Talkshow Langit Biru Nan Ayu, Minggu (27/11/2022).

Bintang juga menegaskan perlunya partisipasi perempuan dalam berbagai sosialisasi pemanfaatan energi bersih di keluarga dan masyarakat. "Kita harus memulai pemanfaatan energi bersih dari lingkungan masyarakat terkecil, yaitu keluarga. Karena perempuan memiliki peran sebagai manajer di keluarga, dialah yang akan mengatur pelaksanaannya," ujar Menteri PPPA dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Menteri PPPA Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kampung Nelayan Jakarta Utara

Menurutnya, hal tersebut juga lantaran perempuan sering memiliki tanggung jawab dalam rumah tangga dan masyarakat sebagai pengurus sumber daya alam dan rumah tangga. Hal ini memosisikan mereka dengan baik untuk membantu dalam strategi penghidupan yang disesuaikan dengan realita perubahan lingkungan. Perempuan juga merupakan agen perubahan yang paling efektif untuk menghalau dampak perubahan iklim.

Secara internasional, UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) mengakui pentingnya kesetaraan pelibatan antara perempuan dan laki-laki dalam kebijakan iklim yang responsif gender, di mana hal ini tertuang dalam perjanjian Paris atau Paris Agreement.

Energi digunakan dalam setiap aktivitas rumah tangga. Perempuan yang jumlahnya hampir setengah dari populasi Indonesia tentunya akan menjadi kekuatan luar biasa jika dilibatkan dalam perjuangan penggunaan energi bersih demi masa depan yang berkelanjutan," tegas Menteri PPPA.

Bintang kemudian menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, terutama Ikatan PIMTI Perempuan Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mandiri, PLN Indonesia Power, United Motor Gesits, Organisasi Masyarakat Pecinta Kendaraan Listrik, serta seluruh pihak yang terlibat.

"Kegiatan ini diselenggarakan karena adanya semangat dan keinginan dari perempuan-perempuan hebat untuk ikut berkontribusi dalam mencegah dan menanggulangi perubahan iklim. Kementerian PPPA tidak bisa bekerja sendirian, perlu adanya sinergi, kolaborasi, dan membangun jaringan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Semoga niat baik bersama ini dapat bermanfaat bagi Indonesia yang berkelanjutan, demi kesejahteraan untuk semua," ujarnya.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: