Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apresiasi Pelaku Industri, LPS: Kondisi Perbankan RI Sangat Baik

Apresiasi Pelaku Industri, LPS: Kondisi Perbankan RI Sangat Baik Kredit Foto: LPS
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengapresiasi pelaku industri perbankan yang turut menjaga kondisi industri keuangan tetap baik dan berperan aktif dalam mendorong perekonomian nasional.

"Kondisi perbankan yang sangat baik ini tidak terlepas dari peran serta para pelaku industri perbankan yang menjalankan bisnis dengan baik dan prudent. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada industri perbankan," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa dalam sambutannya pada acara LPS Banking Award 2022 di Jakarta, Selasa (29/11/2022) malam.

Menurutnya, secara umum perbankan nasional saat ini dalam kondisi yang sangat baik. Salah satu kuncinya adalah level permodalan perbankan nasional yang tebal. Per Oktober 2022, CAR berada pada level 25,09%. Baca Juga: LPS Imbau Masyarakat Pahami Dahulu Karakteristiknya Sebelum Berinvestasi

Kemudian fungsi intermediasi perbankan pada bulan Oktober 2022 juga tumbuh dengan baik, dimana kredit tumbuh sebesar 11,9% YoY. Demikian pula Dana Pihak Ketiga (DPK) juga tumbuh stabil pada level 9,4% di periode yang sama. 

"Kedua hal tersebut menunjukkan dana dari sektor perbankan secara perlahan telah kembali mengalir ke sektor riil untuk menggerakkan perekonomian," tambah Purbaya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho menjelaskan, LPS Banking Award 2022 telah dimulai sejak tahap pengumpulan data pada bulan Oktober 2022 silam.

"Tahap penjurian ini adalah penjurian untuk kategori, Bank Teraktif Dalam CSR, Bank Teraktif Dalam Literasi Keuangan masyarakat dan yang terakhir adalah Bank Teraktif dalam praktik Green Banking. Kemudian, untuk dua kategori lainnya ditentukan oleh Bank Terbaik Dalam Kepatuhan SCV dan Bank Teraktif Dalam Inisiatif Sosialisasi LPS," pungkasnya. Baca Juga: Konsumsi Masih Tinggi, LPS Optimis Fundamental Ekonomi Nasional Tetap Kuat

Dewan Juri LPS Banking Award 2022 terdiri dari, Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik (LPS) Priyanto Budi Nugroho, Direktur Utama Infobank Eko B. Supriyanto, Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat, Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto, Sekjen Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Anika Faisal dan Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Telisa Aulia Felanti. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Pilih Relakan Utang Anies Rp50 Miliar, Denny Siregar Ungkap Pengalaman Pahit Punya Teman Seperti Anies

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: