Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PDIP Jangan Maksa! Mau Disandingkan dengan Siapapun, Elektabilitas Puan Maharani Tetap Anjlok

PDIP Jangan Maksa! Mau Disandingkan dengan Siapapun, Elektabilitas Puan Maharani Tetap Anjlok Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Merujuk pada hasil lembaga survei Median, Puan Maharani konsisten menjadi juru kunci atau menempati posisi terakhir dari lima skenario survei yang dilakukan.

Hasil survei ini harusnya bisa menjadi salah satu pertimbangan PDIP mengusung putri Megawati ini dalam pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menyebut dalam survei terbaru mereka Puan masih menjadi kandidat kuat PDIP.

"Untuk sementara ini Puan Maharani kami masukkan menjadi calon kuat dari PDIP," kata Rico saat menggelar konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Pemilih PDIP Lebih Setia ke 'Pemimpin Rambut Putih' Ganjar Pranowo: Sebagian Setuju Pindah Kapal ke Golkar

Pada surveinya Median membuat lima skenario pasangan capres-cawapres. Tiga diantaranya memasangkan Puan dengan cawapres yang berbeda. Namun hasilnya, elektabilitas Puan tetap kalah dengan tiga pasangan lainnya.

Salah satu skenarionya Puan dipasangkan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, melawan tiga pasangan yakni Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartanto.

Hasilnya Puan dan Andhika menempati posisi terakhir dengan perolehan elektabilitas 3,0 persen. Tertinggal jauh dengan pasangan Ganjar-Airlangga, dengan elektabilitas 26,9 persen.

Sementara posisi pertama ditempati Prabowo-Cak Imin dengan elektabilitas 29,4 persen, disusul Anies-AHY yang memperoleh elektabilitas yang tak berbeda jauh yakni 27,0 persen.

Saat dipasangkan dengan Sandiaga Uno, Puan tetap jadi juru kunci. Nama besar Sandiaga tak serta merta mengangkat elektabilitasnya. Keduanya hanya memperoleh 6,0 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Disebut Sudah Tak Sabar Tunggu PDIP Umumkan Capres, Ade Armando: Makanya Dia Sebut Pemimpin ‘Berambut Putih’

Kalah jauh dengan pasangan Anies dengan Ahmad Heryawan dengan perolehan elektabilitas 25,8 persen. 

Sementara posisi pertama ditempati Prabowo-Cak Imin yang memperoleh elektabilitas 29,8 persen, disusul Ganjar-Airlangga sebesar 26,3 persen.

Hal yang sama juga terjadi pada saat Puan dipasangkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Keduanya berada di posisi keempat dengan perolehan elektabilitas 8,0 persen, dikalahkan Ganjar-Airlangga sebesar 26,0 persen.

Posisi pertama kembali diduduki Prabowo-Cak Imin sebesar 30,0 persen, yang disusul Anies-AHY sebanyak 26,5 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Disebut Sudah Tak Sabar Tunggu PDIP Umumkan Capres, Ade Armando: Makanya Dia Sebut Pemimpin ‘Berambut Putih’

Untuk diketahui survei Median dilaksanakan pada 9-17 November 2022 dengan 1200 responden, yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Margin eror kurang lebih 2,83 persen pada tingkat Kepercayaan 95 persen. Populasi survei seluruh warga yang memiliki hak pilih.

Baca Juga: PSI Tebar Ancaman Demo Besar-besaran Jika Anies Menang, Refly Senggol Elit Politik dan Aparatur Negara: Tidak Akan Pernah Besar Kalau…

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: