Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

StilCrete: Wujud Inovasi Semen Indonesia dan Dinas Marga Bangun Infrastruktur Jakarta yang Lebih Baik

StilCrete: Wujud Inovasi Semen Indonesia dan Dinas Marga Bangun Infrastruktur Jakarta yang Lebih Baik Kredit Foto: SIG.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG menjalin kolaborasi bersama Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bidang Jalan dan Jembatan dalam membangun infrastruktur DKI Jakarta yang lebih baik. Kolaborasi tersebut dilakukan melalui unit usaha Semen Indonesia, yakni PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP).

Sebuah inovasi dihadirkan dalam kerja sama tersebut, yakni StilCrete. Penandatangan kerja sama diwakilkan oleh Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bernhard. F.M. Gultom, dan Direktur PLP, Widodo Ariawan untuk periode 10 November hingga 9 Desember 2022. Adapun cakupan kerja sama meliputi pengerjaan sejumlah proyek strategis jalan dan jembatan di Jakarta, termasuk Pekerjaan Beton Rapid Setting Jalan Kapuk Kamal Raya CS Tahun 2022. 

Baca Juga: KPK Pelototi Investasi Telkomsel di GoTo yang Bikin Rugi, Telkom Tegas: Transaksi Investasi Sudah Diaudit

Dalam hal ini, PLP bertanggung jawab sebagai penyedia jasa konstruksi solusi StilCrete, mulai dari manajemen lalu lintas penutupan jalan, pembongkaran jalan eksisting, pembuangan hasil bongkaran, pengecoran, hingga pekerjaan selesai dan jalan siap digunakan kembali. Proses pengerjaan dilakukan pada malam hari dan jalan tersebut akan dibuka kembali keesokan harinya.

"Proyek peningkatan infrastruktur ini akan meningkatkan kapasitas jalan seluas 1.700 m2 di area yang sering tergenang air laut akibat banjir rob yang menyebabkan beton berpotensi mengalami penurunan performa dan korosif pada pembesian yang ada di dalamnya," ungkap manajemen dalam keterangan resminya diterima pada Kamis, 1 Desember 2022. 

Bicara mengenai StilCrete, inovasi apakah itu?

StilCrete adalah solusi untuk permasalahan yang muncul pada pekerjaan struktur beton di wilayah dengan kandungan sulfat dan klorit yang tinggi, yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada struktur beton dan korosif pada tulangan besi. Hal ini menyebabkan performa beton tidak mampu menahan dan melindungi tulangan serta beton itu sendiri, sehingga aplikasi StilCrete pada infrastruktur atau bangunan yang bersinggungan langsung dengan air laut sangat cocok. Besi di dalam struktur bangunan tersebut akan aman dari penetrasi sulfat dan klorida yang dapat menimbulkan korosif.

Baca Juga: OJK dan LPS Atur Kriteria Peserta Asuransi yang bisa Masuk Penjaminan Polis

Halaman:

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: