Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gerindra Wajib Waspada, Elektabilitas Prabowo Subianto Mulai ‘Tergerus’ Anies Baswedan

Gerindra Wajib Waspada, Elektabilitas Prabowo Subianto Mulai ‘Tergerus’ Anies Baswedan Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indikator Publik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, sejauh ini nama Ganjar Pranowo selalu unggul dalam berbagai simulasi dukungan capres. Anies Baswedan di posisi kedua dan Prabowo Subianto di ketiga.

Namun, ia menuturkan, tampak Anies mengalami peningkatan dukungan dalam waktu kurang lebih dua bulan. 

Tren dukungan Anies menguat, tepatnya 3 Oktober 2022 usai Nasdem mendeklarasikan sebagai capres yang diusung pada pilpres 2024. 

Sebulan usai deklarasi, kesadaran warga besar, 43-44 persen warga tahu Anies dideklarasikan sebagai capres Nasdem.

Baca Juga: Indikator: Elektabilitas Ganjar Tertinggi Dalam Simulasi Pemilih yang Kenal Ganjar, Anies, dan Prabowo

Terlepas dari kesadaran atau tidak, mayoritas merespons positif dengan langkah itu, 56,6 persen. 

Tapi, terutama di antara warga yang paham, mayoritas setuju atau sangat setuju dengan langkah Nasdem mencapreskan Anies Baswedan 69,3 persen.

"Dari kelompok yang tahu Nasdem mencapreskan Anies, dukungan terhadap Anies semakin dominan, dukungan Ganjar stabil dan basis Prabowo tertekan. Sementara, kelompok yang tahu dan setuju, Anies mayoritas, Ganjar dan Prabowo sangat tertekan," ujar Burhanuddin.

Ia melihat, deklarasi Nasdem capreskan Anies berdampak positif kepada dukungan Anies. Namun, Ganjar tampak masih memiliki faktor pengungkit basis elektoralnya yaitu tingkat popularitas yang masih cukup jauh di bawah Prabowo dan Anies.



Sedangkan, tren Ganjar dan Prabowo cenderung menurun, terutama Prabowo. Terakhir, posisinya Prabowo Subianto di urutan ketiga.

Baca Juga: Dengar Budi Gunawan Nilai Kodenya Jokowi Jelas Buat Prabowo, Elite Demokrat: Ini Tidak Etis!

Untuk nama-nama lain, lanjut Burhanuddin, jauh lebih rendah. Sampai simulasi daftar 10 nama, Ridwan Kamil dukungannya lebih besar selain Anies, Ganjar dan Prabowo, tapi masih kurang dari 10 persen. Pun ketiga simulasi tiga nama.

"Ganjar Pranowo 33,9 persen unggul tipis dari Anies Baswedan 32,2 persen. Sementara, Prabowo Subianto 23,9 persen di urutan ketiga berjarak cukup lebar dengan dua pesaingnya," kata Burhanuddin, Kamis (1/12/2022).

Dibandingkan dua bulan sebelumnya, Anies mengalami peningkatan cukup besar sekitar enam persen. Prabowo menurun cukup tajam sekitar lima persen dan Ganjar sedikit melemah dua persen. Terjadi pula pada periode September-November.

Baca Juga: Heru Budi Tanam Ribuan Pohon, Sedangkan Anies Hobinya Tebang Pohon

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua