Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ciptakan SDM Unggulan, Jokowi Ungkap Tiga Komponen Penunjang Pendidikan di Era Digital

Ciptakan SDM Unggulan, Jokowi Ungkap Tiga Komponen Penunjang Pendidikan di Era Digital Kredit Foto: Twitter/Joko Widodo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengungkapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dapat dimulai dari peserta didik. Ia berkata, tantangan untuk menghadapi perkembangan dunia pendidikan di era digital saat ini jadi keniscayaan.

Menurut Jokowi, ada tiga komponen yang bisa diterapkan dalam menyiapkan SDM unggul melalui pendidikan.

Baca Juga: Baru Terungkap! Ternyata Ini Alasan Presiden Jokowi Dulu Pecat Anies Baswedan dari Kabinet

"Pertama, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan keterampilan teknis yang relevan dengan perkembangan zaman," ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (5/12/2022).

Jokowi melanjutkan, komponen kedua adalah penyiapan karakter kebangsaan dan mentalitas positif. Lalu, yang ketiga yakni penyiapan kesehatan jasmani.

Ia juga menyampaikan bahwasanya pemerintah telah mengadakan upaya mentransformasi pendidikan, yang terwujud melalui program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak.

Program yang diinisasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu, dinilai dapat mewujudkan SDM unggul sesuai dengan cita-cita besar bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, melalui tema HUT PGRI ke-77 ‘Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju’, PGRI mengajak seluruh guru, dosen, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk bangkit bersama memulihkan pendidikan.

Baca Juga: Tak Cuma Relokasi, Jokowi Siapkan Ribuan Rumah Tahan Gempa Buat Korban Bencana Cianjur

“Teknologi yang berkembang amat pesat perlu diiringi dengan kreativitas dan inovasi sehingga para guru relevan dengan kebutuhan siswa dan kehadirannya selalu dinantikan siswa,” kata Unifah.

Baca Juga: Unggah Momen Antar Megawati Pulang, Gibran Ditodong Pertanyaan Soal 2024 Oleh Netizen

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: