Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemensos Fasilitasi Cetak Ulang Identitas Kependudukan Penyintas Gempa Cianjur

Kemensos Fasilitasi Cetak Ulang Identitas Kependudukan Penyintas Gempa Cianjur Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus menambah layanan kepada para penyintas bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Salah satunya layanan administrasi kependudukan yang digelar di posko pengungsian.

Sebelumnya, Kemensos telah menyediakan tenda darurat, dapur umum, penerangan, pasokan air bersih, layanan dukungan psikososial, sekolah darurat, dapur kreasi, pemberdayaan ibu-ibu penyintas berupa pelatihan membuat makanan hingga membuat bata tahan gempa. Kini Kemensos menginisiasi layanan pencetakan ulang identitas kependudukan yang rusak bahkan hilang akibat gempa bumi.

Baca Juga: Kemensos Fasilitasi Cetak Ulang KTP dan KK untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Untuk keperluan  tersebut, Kementerian Sosial menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur. Selain mencetak ulang identitas kependudukan para penyintas, Disdukcapil juga memberikan layanan surat ahli waris bagi para korban bencana gempa bumi.

Layanan ini telah dilakukan di posko pengungsian lapangan Cariu Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur sejak Sabtu (3/12/2022). 

Baca Juga: Utamakan Kenyamanan Korban Gempa Cianjur, Mensos Risma Pasang Palet di Posko Pengungsian

Per tanggal 5 Desember 2022, Sebanyak 286 keluarga melakukan cetak ulang Kartu Keluarga (KK), 478 orang cetak ulang KTP dan 91 orang melakukan perekaman KTP Baru karena belum memiliki KTP.

"Kemensos bersama Disdukcapil Kabupaten Cianjur memastikan warga penyintas memiliki KK dan KTP kembali, yang sebelumnya sudah ada tapi karena gempa kebanyakan rusak bahkan hilang. Maka penting dilakukan cetak ulang. Ada juga perekaman baru bagi yang belum memiliki KTP," kata Kepala Sentra Terpadu Pangudi Luhur I Ketut Supena, penanggung jawab di posko pengungsian Lapangan Cariu.

Baca Juga: KORPRI Kabupaten Badung Bersihkan Pantai Jerman, Kumpulkan 26 Ton Sampah Pantai

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: