Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Whistleblower Soal Covid-19: Laboratorium China Didanai Amerika untuk Operasi Intelijen Raksasa

Whistleblower Soal Covid-19: Laboratorium China Didanai Amerika untuk Operasi Intelijen Raksasa Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter
Warta Ekonomi, Beijing -

Bioresearch yang didanai Amerika Serikat di tanah asing tampaknya menjadi "operasi intelijen raksasa" untuk menilai kemampuan biowarfare, menurut seorang whistleblower.

Seperti dilansir RT, pelapor itu mengatakan, lab mengumpulkan dan mengotak-atik virus corona kelelawar di China pada akhirnya mengakibatkan pelepasan SARS-CoV-2 secara tidak sengaja, infeksi yang menyebabkan Covid-19.

Baca Juga: Hacker China Gondol Puluhan Juta Dolar Dana Bantuan Covid-19 Amerika, Intelijen Kantongi Identitas Pelaku

Dr Andrew Huff pernah bekerja sebagai wakil presiden EcoHealth Alliance, sebuah LSM yang terlibat dalam menyalurkan dolar pembayar pajak AS untuk proyek-proyek penelitian bio di seluruh dunia.

Salah satunya, lanjutnya, yang dilakukan di Institut Virologi Wuhan (WIV), adalah asal mula pandemi Covid-19, dan baik Beijing maupun Washington terlibat dalam penyembunyian besar-besaran.

Pada Sabtu (3/12/2022), tabloid Inggris The Sun melaporkan tuduhan tersebut, yang telah dirinci Huff dalam buku yang akan datang.

Menurut pengakuannya, pada tahun 2009, EcoHealth Alliance meluncurkan program bernama PREDICT. Didanai oleh badan bantuan asing USAID, itu bertujuan untuk mengumpulkan sampel penyakit yang berpotensi berbahaya di seluruh dunia, seolah-olah untuk mempersiapkan umat manusia menghadapi potensi wabah.

"Laboratorium Wuhan adalah salah satu mitra asing dari program tersebut, mempelajari virus corona pada kelelawar," kata Huff.

Menurut pelapor, yang memiliki latar belakang penilaian ancaman senjata biologis untuk militer AS, program PREDICT tidak mengumpulkan data yang seharusnya, tetapi tampaknya merupakan operasi intelijen untuk menilai kemampuan biolab asing.

Huff juga terlibat dalam menilai proposal pendanaan tahun 2014 untuk penelitian peningkatan fungsi di WIV. Pekerjaan itu didanai melalui EcoHealth Alliance oleh US National Institutes of Health (NIH).

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua