Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Gelombang Balik' Jadi Kekuatan Anies: Makin Rakyat Anggap Jokowi Gagal, Makin Naik Elektabilitas Anies

'Gelombang Balik' Jadi Kekuatan Anies: Makin Rakyat Anggap Jokowi Gagal, Makin Naik Elektabilitas Anies Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tak lagi mengemban jabatan di pemerintahan, ditambah telah resmi didukung Partai NasDem, Anies Baswedan makin leluasa melakukan safari politik demi mengenalkan dirinya ke masyarakat di Indonesia sebagai bakal calon presiden (capres).

Kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ke beberapa daerah di Pulau Sumatera, mulai dari Aceh, Sumatera Barat, dan Riau, disambut meriah pendukungnya. Sebaliknya, sebagian lainnya mempertanyakan agenda Anies tersebut.

Baca Juga: Berpolitik Lewat Masjid, NasDem dan Anies Baswedan Jadi Buruan: Kami Siap Mengerahkan Massa...

Sementara itu, pengamat tata negara Refly Harun mengungkapkan bahwa agenda yang dilakukan Anies merupakan hal wajar bagi mereka yang serius untuk menjadi calon pemimpin bangsa.

Refly menyebut, kemenangan Anies Baswedan akan makin besar jika sosok Ganjar Pranowo terlambat mendeklarasikan diri. Mengingat, sampai kini hanya sosok Gubernur Jawa Tengah tersebut yang hanya mampu menyaingi Anies Baswedan. Selain itu, ada juga sosok Prabowo Subianto yang bisa menyaingi Anies dan Ganjar.

"Anies sudah tidak lagi Gubernur, sekaligus sudah deklarasi. Kedatangan Anies sudah bukan lagi pejabat negara," ujar Refly di kanal YouTubenya, mengutip Suara.com, Rabu (7/12).

Menurut Refly Harun, Anies punya tiga kemenangan dibandingkan Ganjar dan Prabowo saat ini. Selain sudah tidak lagi menjadi pejabat negara sehingga tidak pakai anggaran negara, Anies Baswedan pun sudah didukung partai politik.

"Kan Ganjar masih menjabat Gubernur," sambung Refly.

Kemenangan Anies juga dinilai sebagai gelombang balik dari ketidakberhasilan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Elektabilitas Anies akan terus meningkat seiring penilaian ketidakberhasilan Presiden Jokowi.

"Anies akan terus naik, ya seperti teori bandul. Sepanjang Presiden Jokowi dianggap tidak berhasil, Anies akan terus naik. Seperti masyarakat menyandang harapannya," imbuh Refly.

Baca Juga: OJK dan LPS Atur Kriteria Peserta Asuransi yang bisa Masuk Penjaminan Polis

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: