Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semua Jangan Kaget! Survei: PDIP Dianggap Sebagai Partai yang Paling Dekat dengan Rakyat

Semua Jangan Kaget! Survei: PDIP Dianggap Sebagai Partai yang Paling Dekat dengan Rakyat Kredit Foto: Tangkap Layar/YouTube Arsip Nasional RI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saiful Mujani Reseaarch and Consulting (SMRC) kembali mengeluarkan hasil surveinya, kali ini berkaitan dengan ciri yang melekat pada suatu partai politik.

Kriteria yang jadi patokan dalam survei ini salah satunya adalah kedekatan dengan rakyat.

Dalam hal kedekatan dengan rakyat, PDI Perjuangan mendapatkan penilaian paling tinggi (61 persen), disusul Demokrat dan Golkar masing-masing 59 persen, Gerindra 57 persen, Nasdem 52 persen, PPP 50 persen, PKS 49 persen, PKB 47 persen, dan PAN 47 persen.

Pendiri SMRC ini menyebut data ini cukup menggembirakan karena sebagian besar partai dipersepsi dekat dengan rakyat.

Baca Juga: Klaim Nggak Mau Sombong, Anak Buah Megawati Blak-blakan: Silakan Cek, Kepala Daerah yang Sukses Kebanyakan Kader PDIP!

Saiful menambahkan bahwa partai-partai yang kurang dipersepsi dekat dengan rakyat adalah partai-partai agama, di antaranya adalah PPP, PKS, PKB, dan PAN. Saiful menilai ini disebabkan oleh warna agama yang kemudian menyebabkan partai-partai tersebut lebih eksklusif di mata pemilih.

“Ini yang membuat mereka dipersepsi kurang dekat dengan rakyat secara umum. Dekatnya dengan rakyat tertentu saja, yang beragama tertentu,” jelas pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (8/12/22).

Baca Juga: Narasi Para Pendukung Anies Soal Sodetan Kali Ciliwung Dinilai Percuma: Mandeknya Proyek Ini Sudah Jelas di Tangan..

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: