Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Dikasih Nama Yohanes dari Pemuka Agama Kristen Papua, Petinggi 212 Bilang Nggak Haram: Yang Diharamkan Islam Itu...

Anies Dikasih Nama Yohanes dari Pemuka Agama Kristen Papua, Petinggi 212 Bilang Nggak Haram: Yang Diharamkan Islam Itu... Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Sekretariat Jenderal (Wasekjen) PA 212 Novel Bamukmin menanggapi kehebohan momen calon presiden (capres) Partai NasDem Anies Baswedan yang berkunjung ke Rumah Doa di Papua dan diberi nama Yohanes.

Ia mengaku hal tersebut tidak masalah selagi tidak dilakukan dengan ritual apapun dan Anies tidak meyakini agama Kristen.

Baca Juga: Anies Dapat Nama Yohanes dari Pemuka Gereja, PSI: Selamat, Para Pendukung Anies Pasti Senang!

"Selama nama itu tidak dipakai oleh Anise Baswedan apalagi ketika mendapatkan nama baptis itu tidak harus melakukan ritual agama nasrani terlebih dahulu dan Anies tidak meyakini agama tersebut juga selama perbedaan itu tidak dicampur adukan (pluralisme) maka tidak apa-apa," ujar Novel kepada Suara.com, Selasa (27/12/2022).

Novel juga menilai baptis itu tidak masalah karena masih dalam koridor toleransi untuk menghargai perbedaan. Sebagaimana, nilai-nilai tersebut kaat dia, juga tertuang dalam ajaran umat Islam.

"Perlu diperjelas bahwa dalam syariat Islam bahwa toleransi terhadap perbedaan, kemajemukan, kebhinekaan atau pluralitas adalah wajib," kata dia.

Nama Yohanes yang diterima Anies kata Habib Novel, tidak termasuk dalam kategori pluralisme sebagaimana yang telah diharamkan melalui fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Yang diharamkan dalam syariat Islam adalah pluralisme dan sudah diperkuat oleh fatwa MUI tahun 2005 Nomor 7 bahwa pluralisme dilarang atau haram," jelas Novel.

Sebelumnya bakal calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan mendapatkan nama Yohanes dari pemuka agama. Penyematan nama itu muncul dalam video yang diunggah oleh akun Twitter Komunitas Katolik Garis Lucu.

Pada video yang dilihat Suara.com tersebut tampak Anies mendatangi sebuah rumah doa di Papua. Anies disambut oleh para pemuka agama setempat dan dikalungkan noken.

Baca Juga: Anies Datang ke Rumah Doa di Papua Sampai Dikasih Nama Yohanes, Eks Ketum Ganjarist: Demi Suara Segala Cara Dilakukan

Setelah mendapatkan sambutan baik, sang pemuka agama kemudian memberikan nama Yohanes pada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Anak kami Anies datang di Rumah Tuhan dengan nama Yohanes," ucap sang pemuka agama dihadapan Anies Basawdan.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: