Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengumuman Harga Pertamax Setiap Pekan, Arifin Tasrif: Agar Masyarakat Tahu Penyebabnya

Pengumuman Harga Pertamax Setiap Pekan, Arifin Tasrif: Agar Masyarakat Tahu Penyebabnya Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif merespons positif niat dari Menteri Badan Usah Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax setiap pekan. 

"Ya saya rasa bagus aja (pengumuman setiap minggu) karena perkembangan harga minyak mentah itu juga kan tiap hari," ujar Arifin saat ditemui di kawasan Kementerian ESDM, Jumat (6/1/2023). 

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui penyebab dari pergerakan harga BBM yang diperjualbelikan oleh PT Pertamina ataupun perusahaan lainnya. 

Baca Juga: Pengamat: Penurunan Harga Pertamax Belum Mampu Kerek Pengguna Pertalite Beralih ke Pertamax

"Jadi untuk membiasakan juga masyarakat biar tahu bahwa ini penyebabnya adalah harga minyak internasional. Di luar negeri rata-rata sudah begitu (perubahan menyesuaikan harga minyak), " ujarnya. 

Arifin mengatakan bahwa hal tersebut sudah direncanakan untuk memberikan informasi terkait harga Pertamax setiap pekannya. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar masyrakat sadar terhadap kondisi Indonesia yang saat ini adalah negara yang bergantung pada impor minyak mentah. 

"Iya udah, ada. Ya kita menyesuaikan, ini kan supaya masyarakat aware ya bahwa kita kan bergantung pada impor crude, harga crude kan tiap hari berubah," ungkapnya. 

Ketika dikonfirmasi mengenai waktu pasti daripada peraturan yang mengatur hal tersebut, Arifin mengatakan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kementrian ESDM. 

"Kita lihat aja nanti (waktunya), kita bicara dulu antara BUMN dan ESDM," ucapnya.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: