Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produk UMKM Rumah BUMN Balikpapan, Melenggang di Hotel Bintang Lima

Produk UMKM Rumah BUMN Balikpapan, Melenggang di Hotel Bintang Lima Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Rumah BUMN Balikpapan, terus mendampingi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya dalam memperluas pasar. Salah satunya mengantarkan produk unggulan 6 (enam) UMKM,  menembus di hotel Bintang Lima.

Produk UMKM binaan yang telah lolos kurasi dan melengkapi minibar Hotel  Grand Jatra Balikpapan antara lain, Crispy Brownie, Kriuk Kepiting, Mantau Oven, Amplang Rasa Telur Asin dan Cimi Cimi daun kelor kepiting, mengisi minibar di setiap kamar hotel.

“Mengawali tahun 2023 dengan penuh harapan, dimana kami telah melakukan serah terima produk unggulan dari 6 (enam) UMKM yakni Fishday, Kampoeng Timur, Mantau Fya, Idil Fifta, Pawon dan Nitiya, untuk mengisi minibar kamar hotel yang bisa dibeli oleh para tamu. Kami juga tengah melakukan proses  negosiasi dengan dua hotel berbintang lainnya", terang Novi, Supervisor RB Balikpapan.

Salah satu UMKM yang lolos kurasi yaitu Fishday, dengan produk unggulan Amplang.  Endah Tri Hapsari, pemilik usaha Fishday mengaku lahirnya produk amplang ketika usaha cafe dan catering yang dikelolanya terdampak pandemi Covid-19.  Hal itu tidak lantas menjadikan Endah menyerah, tetapi justru mulai berfikir untuk melakukan inovasi yakni dengan memanfaatkan olahan ikan untuk dijadikan amplang dengan tagline “Pelopor  Rasa Nusantara". 

“Terima kasih kepada Pertamina  melalui RB Balikpapan telah memberikan pendampingan kepada kami para UMKM lokal, sehingga peluang kami untuk bisa memperluas pasar semakin terbuka. Kesempatan ini memacu kami untuk mempertahankan kualitas produk, dan membuat inovasi baru,” ujar Endah.

Selama ini, RB memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar bisa terus melakukan inovasi terhadap produknya supaya bisa mengikuti tren saat ini, mengingat semakin banyaknya kompetitor dan semakin kritisnya konsumen dalam memilih produk, khususnya produk makanan.

Novi mengatakan, hingga kini RB terus berupaya mewujudkan keinginan pelaku UMKM lokal, salah satunya menjalin komunikasi kepada pihak pengelola hotel. 

“Hal ini tentu saja diiringi dengan persiapan yang terus dilakukan, salah satunya melalui berbagai program pelatihan,” tuturnya.

Rumah BUMN memiliki peran antara lain sebagai Basecamp Millennials, di mana Rumah BUMN berperan dalam mengelola, mendidik, dan membimbing millennials untuk menjadi entrepreneurs. Hal ini karena millennials adalah lokomotif kemajuan Indonesia.

Co-working Space, di mana Rumah BUMN berperan menjadi tempat berkumpulnya komunitas UMKM dan millennials untuk belajar dan business sharing dengan dukungan akses internet. Informasi tanggap bencana, di mana Rumah BUMN berperan sebagai media koordinasi dengan Satgas Bencana setempat. Rumah BUMN juga berperan sebagai pusat informasi Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Dimana para pelaku UMK bisa mendapatkan bantuan modal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: