Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf Sandiaga Uno Berharap World Superbike 2023 Mandalika Bisa Angkat Citra Pariwisata Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno Berharap World Superbike 2023 Mandalika Bisa Angkat Citra Pariwisata Nasional Kredit Foto: Instagram/Sandiaga Salahudin Uno
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap ajang World Superbike 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat bisa kembali mendongkrak citra pariwisata Indonesia.

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa menyambut penyelenggaraan World Superbike 2023 yang rencananya akan berlangsung pada 3 hingga 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat," kata Sandiaga Uno melalui keterangan resmi, Jumat (13/1/2023).

Sandiaga Uno menilai, keberhasilan penyelenggaraan ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) Indonesian Round 2023 itu bisa berdampak luas terhadap kebangkitan ekonomi.

Termasuk terbukanya lapangan kerja, terutama di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.

Pada penyelenggaraan musim 2022 lalu, jumlah penonton yang menyaksikan langsung di Sirkuit Mandalika mencapai 51.629 orang. Jumlah itu menembus rekor tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan world superbike di berbagai negara.

Tidak hanya itu, tingkat okupansi hotel juga meningkat rata-rata hampir 100 persen dan menyerap 6.900 tenaga kerja. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah ikut meningkat hingga Rp 300 miliar.

"(Penjualan) produk-produk ekonomi kreatif juga meningkat sehingga mendongkrak peningkatan citra pariwisata Indonesia. Jadi saya titip agar booth UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) kembali dihadirkan. Festival kuliner, musik, juga dihadirkan. Karena aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat terbantu dengan WSBK," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga meminta PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk meningkatkan investasi di infrastruktur dan akomodasi.

"Ini juga akan meningkat kebutuhan jumlah hotel di sana, selain jumlah homestay yang sudah lebih dari 1.000 unit dibangun pemerintah dan mitra," kata Sandiaga Uno.

Sementara itu Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan balapan WSBK 2022 telah membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan rumah ajang internasional.

“ITDC dan MGPA (Mandalika Grand Prix Association) siap untuk kembali menyelenggarakan WSBK ketiga kalinya 3-5 Maret 2023 dan siap menunjukkan kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah ajang kelas dunia WSBK, kali ini dalam membuka musim baru,” ungkap Troy.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua