Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luar Biasa! Inggris Diuntungkan Para Peminum Alkohol, Dinobatkan Pahlawan Ekonomi

Luar Biasa! Inggris Diuntungkan Para Peminum Alkohol, Dinobatkan Pahlawan Ekonomi Kredit Foto: Reuters/Maja Smiejkowska
Warta Ekonomi, London -

Perekonomian Inggris secara tak terduga tumbuh sedikit pada November, dengan peminum minuman keras (miras) dan pemain gim vidio sebagai pendorong utama.

Laporan Reuters menyebutkan kedua kelompok konsumen tersebut kemungkinan telah menyelamatkan Inggris dari jurang resesi, meski tak mengubah proyeksi suram untuk 2023.

Baca Juga: Pengiriman Tank Enggak Tulus? Inggris Buka-bukaan Niatnya Ternyata buat Mancing...

Angka yang dirilis Kantor Statistik Nasional pada Jumat (13/1/2023) menunjukkan produk domestik bruto meningkat sebesar 0,01 persen dibandingkan Oktober.

Statistik tersebut lebih tinggi dari hasil jajak pendapat pakar Reuters yang memprediksi penurunan 0,2%.

Ekonomi terbesar keenam di dunia itu menyusut 0,3% dalam tiga bulan hingga akhir September, ketika output terpukul oleh penutupan bisnis untuk menandai pemakaman Ratu Elizabeth.

"Dengan angin yang baik, Inggris sekarang dapat menghindari resesi, meskipun Desember ditandai dengan pemogokan yang meluas dan pembacaan survei aktivitas yang lemah," kata ekonom HSBC Liz Martins.

Inflasi yang tinggi telah menyebabkan gelombang pemogokan oleh pekerja di sektor publik dan industri kereta api yang menginginkan kenaikan gaji yang lebih besar.

Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengatakan "bantuan paling penting yang dapat kami berikan adalah tetap berpegang pada rencana untuk mengurangi separuh inflasi tahun ini sehingga ekonomi tumbuh kembali".

Bank of England memperkirakan pada bulan November bahwa inflasi akan turun menjadi sekitar 5% pada akhir tahun ini.

Investor mengharapkan BoE untuk menaikkan suku bunga menjadi 4% dari 3,5% pada 2 Februari karena berupaya menghilangkan tekanan inflasi yang mendasarinya.

Baca Juga: Kenapa Menabung di Bank Digital Belum Pasti Aman?

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Berita terkini dari Warta Ekonomi bisa kamu dapatkan di Google News.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: