Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kesempatan Buat Ganjar Pranowo? Survei Sebut PDIP Kurang 'Nyeruduk' Kalau Mengusung Puan Maharani Jadi Calon Presiden

Kesempatan Buat Ganjar Pranowo? Survei Sebut PDIP Kurang 'Nyeruduk' Kalau Mengusung Puan Maharani Jadi Calon Presiden Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali melakukan hitung-hitungan peluang terkait pemilu 2024 lewat survei yang dilakukan. Kali ini SMRC melakukan survei siapa sosok yang bisa menaikkan elektbailitas PDIP jika dimajukan sebagai Capres.

SMRC melakukan survei eksperimental. Dalam survei ini ada treatment dan kontrol. Dalam treatment, dimasukkan sejumlah nama tokoh untuk dilihat mana yang lebih berpengaruh menaikkan suara partai.

Dalam pertanyaan kontrol ini, yang menyatakan akan memilih PDIP sekitar 20 persen. Saiful menjelaskan bahwa sample untuk pertanyaan kontrol ini hanya 244 dengan margin of error sekitar 6 persen,” demikian bunyi keterangan resmi yang diterima wartaekonomi.co.id, Kamis (19/1/23).

Baca Juga: Telak! Ganjar Pranowo Melampaui Anies Baswedan, Relawan Bangga: Gubernur Kampung Unggul Dibandingkan Gubernur Fasih Bahasa Inggris!

Dalam pertanyaan treatment pertama, dimasukkan nama Puan Maharani. Pertanyaannya adalah bila PDIP mencalonkan Puan Maharani untuk menjadi presiden, partai atau calon dari partai mana yang akan Ibu atau Bapak pilih di antara partai-partai berikut ini bila pemilihan umum dilakukan sekarang?

Maka ditemukan ada 27 persen suara yang akan memilih PDIP jika Puan Maharani diusung.

Baca Juga: Khawatir Perilaku Kekuasaan Menyimpang, Soekarnois Putuskan Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden: Santun, Cerdas, dan Sabar!

“Walaupun suara PDIP naik dibanding pertanyaan kontrol, tapi kenaikan ini memiliki tingkat signifikansi yang kurang meyakinkan,” ujar pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam keterangan tersebut.

Hal yang tak jauh berbeda dengan Puan Maharani tadi adalah Jika PDIP mencalonkan Prabowo Subianto (treatment ketiga), yang mana suara PDIP menjadi 26 persen.

Baca Juga: Tok! MA Tolak Kasasi Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas Pegadaian

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: