Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capai Pendapatan Dua Kali Lipat pada 2022, Ini Strategi Bertahan Dailybox Group di Era Pandemi

Capai Pendapatan Dua Kali Lipat pada 2022, Ini Strategi Bertahan Dailybox Group di Era Pandemi Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pada tahun kelima perjalanannya, Dailybox Group sebagai salah satu startup sektor makanan dan minuman (F&B) di Indonesia berhasil mencatatkan pertumbuhan positif selama masa pandemi dan membukukan pendapatan dua kali lipat pada tahun 2022.

President Director Dailybox Group Kelvin Subowo menerangkan bahwa catatan positif perusahaan tidak terlepas dari upaya Dailybox Group dalam menerapkan strategi multiplatform dengan mengoptimalkan channel untuk penjualan online dan offline yang ditunjang dengan central kitchen yang mengadopsi teknologi terbaru dan jaringan distribusi cold-chain serta didukung sumber daya manusia yang berkualitas.

"Itu [catatan positif Dailybox Group] tidak terlepas dari salah satu strategi kami yang menyeimbangkan antara offline dan online. Jadi kalau dulu dari tahun 2018 kita full online melalui platform seperti GoFood, GrabFood, dan platform-platform delivery lainnya, justru di 2021 ini kami melihat potensi dari para offline," tutur Kelvin kepada media pada Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Sukses Kantongi Dana Segar US$24 Juta pada 2022, Bagaimana Rencana Pendanaan Dailybox Group 2023?

Kelvin menilai bahwa meskipun channel online memiliki potensi pertumbuhan yang akan terus naik selaras dengan adopsi dan perkembangan teknologi yang ada, namun offline juga turut memiliki potensi yang sama sebagai pilihan masyarakat saat ini di mana masyarakat masih memiliki preferensi untuk menikmati kegiatan secara offline seperti bermain, berkumpul, dan lainnya.

"Sehingga pada akhir tahun 2021 itu kami bisa untuk mengakuisisi brand-brand langsung, jadi brand-brand yang ada saat itu kami lihat potensinya bagus, seperti apa, brand-nya sudah established belasan tahun dan Dailybox sendiri saat itu masih baru maka strategi kami saat itu adalah bagaimana juga kami bisa mengakuisisi brand baru yang sudah memiliki kualitas yang bagus di pasar," tambah Kelvin menjelaskan.

Dalam menjalankan strateginya melalui akuisisi, Kelvin turut mengakui bahwa hal Dailybox Group juga tentang menghadapi tantangan akuisisi, namun dengan mamanfaatkan momentum seperti lebaran dan juga memaksimalkan sinergi yang ada, Dailybox Group masih bisa bertahan dan terus bertumbuh hingga saat ini.

Sebagai startup F&B multiplatform, Dailybox Group kini telah menaungi beberapa brand yang di antaranya adalah Dailybox sebagai brand rice box yang menawarkan sajian comfort food, Shirato yang menawarkan perpaduan Sushi-Burrito, Breadlife sebagai salah satu brand roti, Lu'miere sebagai brand kue dan pastry, dan Antarasa yang menyajikan makanan Nusantara dengan sentuhan modern.

Selain membukukan pendapatan dua kali lipat YoY pada 2022, Kelvin menambahkan bahwa central kitchen Dailybox Group telah menyajikan sekitar tujuh juta porsi makanan bagi pelanggan Indonesia pada tahun 2022 dengan brand-brand Dailybox Group yang telah hadir di lebih dari 300 titik di seluruh Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: