Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mada 9, Supercar Produksi Taliban yang Bikin Dunia Penasaran, Ternyata...

Mada 9, Supercar Produksi Taliban yang Bikin Dunia Penasaran, Ternyata... Kredit Foto: Getty Images/AFP/Wakil Kohsar
Warta Ekonomi, Kabul -

Taliban meluncurkan sebuah mobil mewah. Ini adalah mobil sport canggih yang pertama dikembangkan di Afghanistan.

Dikutip dari switzerlandtimes.ch, mobil ini dinamai Mada 9, mobil sport buatan dalam negeri pertama Afghanistan yang kini dikuasai Taliban, diproduksi oleh perusahaan Entop di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Baca Juga: Gahar Banget! Taliban Mendadak Pamerkan Supercar Pertama Buatan Dalam Negeri, Begini Tampilannya

Peluncuran mobil ini pun sontak bikin heboh, karena dilakukan di negara yang terkenal miskin dan baru usai dari perang. Alih-alih mobil mahal, karena selama ini umumnya jalanan di Afghanistan hanya dilalui oleh mobil-mobil Toyota asal Jepang. mobil yang memang tergolong terjangkau dan awet.

Kecintaan Taliban pada kendaraan Toyota bahkan sudah sejak pertengahan 1990-an. Ketika para militan ini membunuh Presiden Afghanistan, Mohammad Najibullah Ahmadzai dan memproklamirkan Imarah (Pemerintahan) Islam pada 1996 misalnya, mereka mengendarai Toyota Hilux.

Rupanya, kecintaan Taliban pada Toyota juga tercermin pada Mada 9. Mobil baru ini dilengkapi dengan mesin empat silinder, sama seperti yang digunakan pada Corolla, salah satu model Toyota yang paling terkenal.

Mesin Corolla dimodifikasi, sehingga "saat Anda menekan pedal gas, tenaganya cukup kuat," kata Ghulam Haidar Shahamat, Kepala Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI), kepada TOLO News Afghanistan. Entop bekerjasama dengan ATVI dalam melahirkan Mada 9 ini.

Baca Juga: Wamenkumham Menolak Dikaitkan dengan YAR dan YAM, IPW Tunjukkan Bukti Chat Pamungkas: Ada Permintaan untuk Dimasukkan Sebagaiā€¦

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Berita terkini dari Warta Ekonomi bisa kamu dapatkan di Google News.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: