Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Simak Dampak Insiatif Tokopedia terhadap Pertumbuhan UMKM di 2022

Simak Dampak Insiatif Tokopedia terhadap Pertumbuhan UMKM di 2022 Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia gencar menghadirkan berbagai inisiatif guna mendongkrak pertumbuhan UMKM di platformnya. Sejalan dengan spirit itu, Tokopedia melaporkan berbagai dampak inisiatif Tokopedia terhadap pertumbuhan UMKM di 2022.

Pertama, inisiatif Hyperlocal disebut menjadi kunci utama pertumbuhan UMKM di Tokopedia. Salah satu fitur Hyperlocal adalak 'Kumpulan Toko Pilihan' (KTP) yang mengkurasi produk dari penjual terdekat dari pembeli.

Dari fitur ini, kawasan Ciamis (Jawa Barat), Klaten (Jawa Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu (Sulawesi Tengah) dan Manado (Sulawesi Utara) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia.

Baca Juga: Ninja Xpress Fasilitasi Live Selling untuk Tingkatkan Penjualan UKM

Di sisi lain, terdapat peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia sebesar dua kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia pun melonjak 2,5 kali lipat.

"Penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat," kata Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Ekhel menambahkan, "Selain lewat inisiatif Hyperlocal, untuk membantu pertumbuhan UMKM agar semakin berdaya, kami juga terus melakukan edukasi bisnis online melalui halaman Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller, komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top) dan masih banyak lagi."

Tokopedia Play dan Affiliate Bantu UMKM Adaptasi di Era Social Commerce

Tokopedia menghadirkan inisiatif yang sesuai dengan kebutuhan di era social-commerce. Pada era ini, masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya, yaitu kanal streaming video Tokopedia Play.

"Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat," kata Ekhel.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: