Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Insentif Kendaraan Listrik, Luhut: Mudah-Mudahan Februari Awal

Soal Insentif Kendaraan Listrik, Luhut: Mudah-Mudahan Februari Awal Kredit Foto: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa insentif untuk kendaraan listrik akan diumumkan pada awal Februari 2023.

Luhut menyebut bahwa hal tersebut setelah adanya pembahasan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan kementerian terkait. Oleh karena itu, ia memastikan bahwa hasil pembahasan akan diumumkan pada awal Februari tahun ini, termasuk skema penyalurannya. 

"Mudah-mudahan Februari awal. Nanti semuanya pengumuman ya, akan diberitahukan semua, pasti nanti akan diprioritaskan ke rakyat sederhana," ujar Luhut dalam acara Saratoga Investment Summit 2023, Kamis (26/1/2023). 

Baca Juga: Jokowi Sebut Hilirisasi SDA Jadi Prioritas Investasi

Adapun nilai insentif untuk kendaraan motor listrik baru sebesar Rp7 juta, di mana nilai tersebut lebih kecil dari perkiraan sebelumnya yaitu Rp8 juta.

"Motor listrik murni sudah ada angkanya, kira-kira Rp7 juta," ujarnya. 

Meski akan diumumkan pekan pertama bulan depan, pemerintah memperkirakan besaran insentif untuk pembelian mobil listrik sebesar Rp80 juta.

Sedangkan pembelian mobil listrik berbasis hybrid sebesar Rp40 juta, konversi motor berbasis BBM ke motor listrik Rp4 juta, dan pembelian motor listrik baru Rp7 juta.

Baca Juga: Kenapa 'Bunga' Bank Syariah Lebih Tinggi?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: