Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jawa Barat Sengit! Elektabilitas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto Bisa Tergerus oleh Sosok Ini, Siapa?

Jawa Barat Sengit! Elektabilitas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto Bisa Tergerus oleh Sosok Ini, Siapa? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali melakukan survei politiknya terkait Pemilu 2024. Kali ini SMRC melakukan survei terkait sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru saja resmi menjadi kader Partai Golkar.

Dari segi perpolitikan nasional, ditemukan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil masih jauh atau kalah dibandingkan langganan tiga besar yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pada survei SMRC Desember 2022, dalam simulasi 11 nama, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan publik 7,1 persen. Posisi pertama ditempati Ganjar Pranowo dengan 27,3 persen, disusul Anies Baswedan 20 persen, dan Prabowo Subianto 19,8 persen,” demikian bunti rilis SMRC yang diterima wartaekonomi.co.id, Kamis (26/1/23).

Baca Juga: Mardani PKS Apresiasi Sikap AHY yang Tak 'Ngotot' Soal Cawapres Anies Baswedan: Untuk Menang Mesti Legawa dan Musyawarah!

Menurut Pendiri SMRC Saiful Mujani, Ridwan Kamil punya kelebihan yakni sebagai sosok kepala daerah yang mana menurutnya memilik tren yang cukup baik dalam bursa pencapresan. Meski berdasarkan data yang ada, memang Ridwan Kamil dinilai masih sulit untuk bertartung di posisi calon presiden.

Lebih lanjut, SMRC menggali seberapa efektif Ridwan Kamil menjaring suara di Jawa Barat yang mana jadi wilayah dengan pemilih terbanyak. Dan untuk diketahui, dalam dua kontestasi pilpres terakhir, Jawa Barat adalah lumbung suara seorang Prabowo Subianto.

Survei SMRC menunjukkan bahwa pada Desember 2021, dukungan pada Prabowo di Jawa Barat sangat tinggi, 34,5 persen, sementara Ganjar hanya 13,8 persen, Anies 16 persen, dan Ridwan Kamil 17,4 persen. Satu tahun kemudian, Desember 2022, suara Prabowo menjadi 20,8 persen, Ganjar, 16,1 persen, Anies 22,5 persen, dan Ridwan Kamil 20,2 persen. Suara Anies, Prabowo, dan Ridwan Kamil seimbang karena selisihnya tidak signifikan secara statistic,” lanjut rilis tersebut.

Baca Juga: Angkat Tukang Kritik Anies Jadi Komisaris LRT, Misi Heru Budi Terungkap Tidak Hanya untuk Menghabisi Jejak Anies, Tapi Juga…

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: