Product launch atau peluncuran produk adalah upaya terencana dan terkoordinasi organisasi untuk membawa produk baru ke pasar dan membuatnya tersedia untuk dibeli oleh konsumen.
Peluncuran produk bertujuan untuk menarik perhatian terhadap produk baru sebelum muncul di pasar dan membangkitkan permintaan pada awal penjualan. Anda harus menarik minat konsumen selama peluncuran produk dan meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda melalui komunikasi dengan audiens target.
Tujuan utama peluncuran produk adalah membuat produk tersedia bagi pelanggan dan membangun momentum penjualan. Namun, itu melayani beberapa tujuan lain di dalam perusahaan, menentukan aspek pemasaran utama dan strategi penjualan yang pada akhirnya akan mengarah pada keberhasilan atau kegagalan produk.
Baca Juga: Apa Itu Live Selling?
Sayangnya, banyak bisnis memfokuskan 90% perhatian mereka pada acara peluncuran, padahal ini hanyalah iceberg. Peluncuran produk bukanlah acara satu kali saja tetapi sebuah proses. Dilihat sebagai siklus hidup, ini bergerak dari tahap persiapan ke eksekusi dan mengikuti pasca peluncuran untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan awal dan membawa perbaikan.
Waktu adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan saat meluncurkan produk. Mengingat kerumitan proses dan tingginya jumlah departemen yang terlibat, persiapan peluncuran harus dimulai 4-5 bulan sebelum tanggal yang ditetapkan.
Melansir Air Focus di Jakarta, Jumat (27/1/23) pada awal periode ini, tim dari pengembangan produk, pemasaran, penjualan, keuangan, SDM, dan dukungan pelanggan perlu menetapkan visi strategis yang kohesif dan menentukan tujuan peluncuran yang terukur.
Departemen akan memeriksa setiap ketidakkonsistenan antara peta jalan produk dan status produk saat ini dalam pengembangan untuk memastikan mereka berada di jalur yang benar. Setelah pengujian produk, mereka akan memperbaruinya.
Selanjutnya, tim pemasaran perlu memoles dan pengiriman pesan, mencocokkan fitur produk dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Saat ini, mereka juga akan menyiapkan semua jaminan pemasaran yang diperlukan dan merencanakan acara peluncurannya sendiri.
Membangun strategi tim pemasaran, departemen penjualan akan menguraikan pendekatan mereka dan menetapkan sumber perolehan prospek utama. Secara bersamaan, departemen dukungan pelanggan akan mengalirkan informasi penting dari tim lain dan bersiap untuk menjawab pertanyaan apa pun.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement