Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2022 Tumbuh 5,31%, Ekonomi Indonesia Kembali ke Level Sebelum Pandemi

2022 Tumbuh 5,31%, Ekonomi Indonesia Kembali ke Level Sebelum Pandemi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV/2022 5,01 (yoy). Raihan ini melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang juga tercatat 5,72%.

Dengan pencapaian tersebut, sepanjang 2022 realisasi pertumbuhan ekonomi nasional 5,31%. Angka tersebut lebih tinggi jika dibanding periode 2021 yang tumbuh 3,69% atau telah kembali mencapai kondisi sebelum pandemi yang selalu di atas 5%

“Pertumbuhan ekonomi tahunan kembali mencapai level 5% seperti sebelum pandemi,” Kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/2).

Baca Juga: Anak Usaha Hutama Karya Incar Pendapatan Rp370 Miliar Tahun Ini

Suhariyanto memaparkan beberapa hal yang menentukan pertumbuhan ekonomi triwulan IV/2022, di antaranya perekonomian di berbagai negara global sudah mulai tumbuh positif meski belum kembali menguat sebelum masa pandemi.

Sementara, faktor dari dalam negeri, lanjutnya, didorong mobilitas masyarakat dan pariwisata yang semakin pulih. Lalu aktivitas produksi semakin ekspansif, stabilitas daya beli masyarakat terus terjaga, hingga konsolidasi kebijakan fiskal dan moneter yang kuat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: